Main Article Content

Dwi Marisa Efendi
Asep Afandi
Rustam Rustam
Sidik Rahmatullah
Sigit Mintoro
Supriyanto Supriyanto
Reni Faselia

Abstract

Karyawan merupakan suatu faktor yang sangat penting dalam keberlangsungan suatu organisasi. Karyawan yang berkualitas akan memudahkan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya. Oleh karena itu, untuk memacu dan meningkatkan kinerja Karyawan agar lebih rajin dan semangat untuk bekerja lebih baik lagi, maka sebuah organisasi atau perusahan dapat memberikan penghargaan kepada para karyawan yang dianggap memiliki kinerja terbaik oleh perusahaan tersebut.Metode Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS)dengan menggunakan aplikasi Borland Delphi 7, dan dengan menggunakan metode pengembangan sistem yaitu waterfall. Sehingga akan menghasilkan sebuah pengambilan keputusan calon karyawan terbaik secara terkomputerisasi dengan cara yang lebih efektif dan tidak menurut sudut pandang saja, atau kepada karyawan yang memiliki kedekatan hubungan tertentu dengan kepala kantor pos kuningan.Sistem perhitungan menggunakan metode topsis dalam menggunakan borland delphi 7 dengan sampel 10 data karyawan. Dan dengan menggunakan 6 kriteria yaitu pendidikan, absensi, masakerja, kedisiplinan,kerjasama dan pelayanan. Maka dari perhitungan tersebut didapat hasil ranking satu tertingi yaitu Tita Kurniati dengan hasil nilai 0,6916 dan mendapat hasil nilai error 0,034.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Agusli, Rachmat, Muhammad Iqbal Dzulhaq, and Uswatun Khasanah. "Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bonus Tahunan Karyawan Menggunakan Metode TOPSIS." Jurnal Sisfotek Global 7.2 (2017).

Iswandy, Eka. "Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Penagihan Purchasing Order Customer Studi Kasus Pada Cv. Vertical Cipta Relasi.

Padang Dengan Metode Centralized Data Processing." Jurnal TeknoIf 4.2 (2016).

Ketentuan-Ketentuan Pokok Mengenai Tenaga Kerja (diakses melalui http://kemenkeu.go.id// tanggal 20 Mei 2020)

Mude, M. A. Perbandingan Metode SAW dan TOPSIS pada kasus UMKM. ILKOM Jurnal Ilmiah, 8(2), 76- 81. (2016)

Mulyana, R., & Ridwan, M. Aplikasi Penggajian Karyawan Berbasis Client-Server Pada PT. Radio Nasional Buana Suara. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi (Jurnal Akuntansi, Pajak dan Manajemen), 5(10), 127-133 (2017).

Nababan, D., & Rahim, R. Sistem Pendukung Keputusan Reward Bonus Karyawan Dengan Metode Topsis. Journal Information System Development (ISD), 3(1) (2018).

Rifai, A., & Arsalan, O. Perancangan Sistem Informasi Kinerja Dosen Menggunakan Metode Topsis. KNTIA, 4 (2017).

Safitri, Dianita Risqi. "Penerapan Metode TOPSIS Pada Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Beasiswa di Universitas Dian Nuswantoro." Jurusan Sistem Informasi: Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro (2015).

Sasmito, Ginanjar Wiro. "Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal." Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT 2.1 (2017): 6-1.

Suherman, M., Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). INDUSTRY 4.0 vs SOCIETY 5.0.

Suci, I. G. S., Suyanta, I. W., Darna, I. W., Wijoyo, H., & Setyawati, E. (2020). A Measure Of Effectiveness Level Of Online Learning Amid Covid-19 Pandemic In The Course Of The Project Management Information Systems (Case Study In STIKOM Yos Sudarso Purwokerto). Journal of Critical Reviews, 7(12), 4059-4069.

Setyawati, E., Wijoyo, H., & Soeharmoko, N. (2020). Relational Database Management System (RDBMS).