Main Article Content

Toto Indriyatmoko
Majid Rahardi

Abstract

Search Engine Optimizion (SEO) merupakan metode yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas dari sebuah website dari sudut pandang peringkat di mesin pencari termasuk mesin pencari google. Google bukan menjadi sebuah rahasia lagi adalah sebuah perantara bagi website untuk mendatangkan pengunjung. Semakin bertambahnya pengguna internet berbanding lurus degan semakin bertambahnya jumlah website yang ada di dunia. Hal itu membuat semakin tingginya pula kompetisi website untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari. Banyak cara yang bisa dilakukan utuk meningkatkan peringkat, salah satu caranya adalah dengan menggunakan teknik SEO on-pages. Pada teknik ini banyak sekali tips dan trik yang dapat dilakukan, namun seiring pembaruan yang terus dilakukan oleh google, apakah teknik ini masih berfungsi atau tidak, itu yang menjadi sebuah pertanyaan. Dalam tulisan ini membahas tentang apakah teknik SEO on-pages masih relevan terhadap pembaruan yang dilakukan oleh google dan mencari fakta-fakta yang ada di literatur terkait dan membandingkan dengan apa yang terjad sekarang di laman google.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Allauddin, M., & Azam, F. (2011). Service Crawling using Google Custom Search API. International …, 34(7), 10–15. Diambil dari http://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:Service+Crawling+using+Google+Custom+Search+API#0

Arifin, A., Dengen, N., Setyadi, H. J., Prafanto, A., & Putra, G. M. (2019). Analisis Penerapan Metode Search Engine Optimization (SEO) Untuk Meningkatkan Traffic Website Berbayar dan Tidak Berbayar. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, 4(2).

Barbar, A., & Ismail, A. (2019). Search engine optimization (SEO) for websites. ACM International Conference Proceeding Series, Part F1482, 51–55. https://doi.org/10.1145/3323933.3324072

Eka Purwiantono, F. (2019). Metode Search Engine Optimization (SEO) Untuk Meningkatkan Ranking Webometrics Pada Web STIKI Malang. Information System for Educators and Professionals, 3(2), 111–120.

Gupta, S., Agrawal, N., & Gupta, S. (2016). A Review on Search Engine Optimization: Basics. International Journal of Hybrid Information Technology, 9(5), 381–390. https://doi.org/10.14257/ijhit.2016.9.5.32

Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.56

Harto, A. B. (2019). Implementing Website Design Based on Search Engine Optimization (SEO) Checklist to Increase Web Popularity. Journal of Applied Information, Communication and Technology, 6(2), 87–97. https://doi.org/10.33555/ejaict.v6i2.67

Hasugian, P. S. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1), 82–86.

Kumar, G., & Paul, R. K. (2020). Literature Review on On-Page & Off-Page SEO for Ranking Purpose, 01(08), 7–11.

Kurniadi, D., & Mulyani, A. (2017). Pengaruh Teknologi Mesin Pencari Google Terhadap Perkembangan Budaya dan Etika Mahasiswa. Jurnal Algoritma, 14(1), 19–25. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.14-1.19
No, V. (2019). Tinjauan Alur Kerja Copywriter Divisi Konten Suitmedia dalam Industri Kreatif Pemasaran Digital. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(1), 35–43. https://doi.org/10.7454/jsht.v2i1.66

Nova, S., Sarjana, P. P., Sistem, J., Bisnis, I., Gunadarma, U., Pustaka, K., … Perhubungan, K. (n.d.). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Dan Website Untuk Penyebaran Informasi Dan Layanan Publik Pada BUMN Di Bawah Kementrian Perhubungan, 1–12.

Prakash, S. S. (2020). Search Engine Optimization Techniques for Attracting Organic Traffic to Websites, 1–6. https://doi.org/10.23883/IJRTER.2020.6025.2V96Z

Setiawan, A., & Noviyanto, F. (2018). Penerapan Seo (Search Engine Optimization) White Hat Menggunakan Metode Link Kontekstual Untuk Meningkatkan Serp Di Website Infonasa.Com. JSTIE (Jurnal Sarjana Teknik Informatika) (E-Journal), 6(1), 26–37. https://doi.org/10.12928/jstie.v6i1.15175

Wang, F., Li, Y., & Zhang, Y. (2011). An empirical study on the Search Engine Optimization technique and its outcomes. 2011 2nd International Conference on Artificial Intelligence, Management Science and Electronic Commerce, AIMSEC 2011 - Proceedings, 2767–2770. https://doi.org/10.1109/AIMSEC.2011.6011361

Wu, D., Dong, J., Shi, L., Liu, C., & Ding, J. (2020). Credibility assessment of good abandonment results in mobile search. Information Processing and Management, 57(6), 102350. https://doi.org/10.1016/j.ipm.2020.102350

Suherman, M., Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). INDUSTRY 4.0 vs SOCIETY 5.0.

Suci, I. G. S., Suyanta, I. W., Darna, I. W., Wijoyo, H., & Setyawati, E. (2020). A Measure Of Effectiveness Level Of Online Learning Amid Covid-19 Pandemic In The Course Of The Project Management Information Systems (Case Study In STIKOM Yos Sudarso Purwokerto). Journal of Critical Reviews, 7(12), 4059-4069.

Setyawati, E., Wijoyo, H., & Soeharmoko, N. (2020). Relational Database Management System (RDBMS).