PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA SABLON SOUTHERN STATE DI PONDOK PINANG
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Jasa Sablon Southern State baik secara parsial maupun secara simultan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan diperoleh sampel sebanyak 92 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah Harga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan persamaan regresi Y = 17,468 + 0,564X1, nilai korelasi sebesar 0,644 artinya kedua variabel memiliki tingkat hubungan yang kuat. Nilai koefisien determinasi sebesar 58,5%. Uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (7,994 > 1,987). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh signifikan antara harga terhadap Kepuasan Konsumen. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan persamaan regresi Y = 13,125 + 0,677X2 nilai korelasi sebesar 0,708 artinya kedua variabel memiliki tingkat hubungan yang kuat. Nilai koefisien determinasi sebesar 50,2%. Uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (9,518 > 1,987). Dengan demikian H0 ditolak dan H2 diterima artinya terdapat pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen. Harga dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan persamaan regresi Y = 10,545 + 0,266X1 + 0,480X2. Nilai korelasi sebesar 0,743 artinya variabel bebas dengan variabel terikat memiliki tingkat hubungan yang kuat. Nilai koefisien determinasi sebesar 55,1% sedangkan sisanya sebesar 44,9% dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (54,696 > 2,710). Dengan demikian H0 ditolak dan H3 diterima. Artinya terdapat pengaruh signifikan secara simultan antara Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di Sablon Southern State.
Article Details
Algifari. (2015). Analisis Regresi Untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: BPFE.
Assauri. (2016). "Manajemen Operasi Produksi". PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Arikunto, S. (2013).Prosedur Penelitian:Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aris Ariyanto. (2019). Analisis Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Cireng Moncrot Cv Good Food – Tangerang Jurnal Ekonomi Efektif, ISSN: 2622 – 8882 Vol. 1, No.3
Buchari Alma, (2016), Manajemen Pemasaran. Alfabeta, Bandung.
Ghozali (2017). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip.
Kotler, and Keller. (2017). Manajemen Pemasaran. Edisi 12.
Kotler, and Amstrong. (2017). Prinsip-prinsipPemasaran. edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2019). Manajemen Pemasaran. Ahli Bahasa Bob Sabran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta:Erlangga.
Siswanto. (2012). Pengantar Manajemen: PT.Bumi Aksara, Jakarta.
Supranto, J. (2016). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Cetakan keempat, Penerbit PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Sunyoto, Danang. (2012). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep Strategi dan Kasus). PT Buku Seru, Jakarta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Terry. (2014). Prinsip-prinsip Manajemen. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Tjiptono. (2017). Strategi Pemasaran, Edisi 2, Yogyakarta.
Wibowo. (2011). Manajemen Kinerja. Edisi Ketiga. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Yazid. (2016). Pemasaran Jasa: Konsep Dan Implementasi Ekonomi. Yogyakarta:FE – UII.
Noviyanti, I., Sunarsi, D., & Wijoyo, H. (2021). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Cabang Cipondoh. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech), 4(1), 43-54.
Indrawan, I. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Pena Persada. Purwokerto Selatan.
Akbar, M. F., Wijoyo, H., & Wibowo, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Mineral Alfamart Pada Toko Alfamart Cabang Cikokol. Economics, Business and Management Science Journal, 1(1), 29-39.
Siagian, A. O., Wijoyo, H., & Cahyono, Y. (2021, March). The Effect of Debt to Asset Ratio, Return on Equity, and Current Ratio on Stock Prices of Pharmaceutical Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange 2016-2019 Period. In Journal of World Conference (JWC).
Syardiansah, A. L., Ramadansyah, J., Wijoyo, H., Prayudi, A., & Putra, R. S. The Influence of Work Motivation and Organizational Culture to Employee Performance.
Hermawan Winditya, S. S., Utama, I. W. B., Siregar, C., & Th, S. FILSAFAT PENDIDIKAN MULTIKULTURAL.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.