Pendampingan Lembaga Sekolah Minggu Buddha Provinsi Sumatera Utara (Berdasarkan Studi Evaluasi Sekolah Minggu Buddha)

Authors

  • Lamirin Lamirin STAB Bodhi Dharma
  • Ong Cin Siu STAB Bodhi Dharma

DOI:

https://doi.org/10.47927/jasd.v1i2.129

Keywords:

Sekolah Minggu Buddha, Studi Evaluasi

Abstract

ABSTRAK

Tujuan Pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mendampingi pelaksanaan program Sekolah Minggu Buddhis (SMB) di provinsi sumatera utara, di antaranya adalah (1) Menjembatani antara Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) Prov. Sumatera Utara, Ikatan Pembina Gelanggang Anak Buddhis Indonesia (IPGABI) Prov. Sumatera Utara, dan  Sekolah Minggu Buddha (SMB) binaannya dengan  Bimas Buddha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara agar diperoleh akar masalah tidak terdaftarnya SMB tersebut dan memperoleh jalan keluar untuk ditindak lanjuti oleh para pihak. (2) SMB se-Sumatera Utara menerapkan Kurikulum SMB dari Ditjen Bimas Buddha Kementerian Agama RI. (3) Seluruh Guru SMB mendapatkan pendidikan dan pelatihan kompetensi untuk menunjang kemampuan pencapaian kurikulum.

Proses metode pelaksanaannya melalui beberapa tahapan yaitu Diskusi Panel, Focus Group Discusion, Workshop dan Pendampingan. Hasil pelaksanaan program adalah (1) Telah ditemukan akar masalah tidak terdaftarnya SMB di bawah pembinaan MBI, dan diperoleh kesepahaman antara pihak-pihak yang terlibat (Bimas Buddha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, MBI Provinsi Sumatera Utara, IPGABI dan SMB) untuk menyelesaikan permasalahan ini. hal ini dibuktikan dengan telah ada dua SMB yang melakukan pendaftaran. Disusul SMB lain apabila dokumen telah dilengkapi. (2) Kurikulum SMB telah disosialisasikan dan diterapkan dalam proses belajar mengajar di seluruh SMB yang mengikuti workshop. (3) 90 % guru (54 orang dari total 60 orang) telah mengikuti workshop pelatihan kurikulum dan kompetensi Guru, serta terdapat lebih 50 orang peserta ( 92%) yang memperlihatkan peningkatan pemahaman yang signifikan, dan Terdapat 4 orang peserta (8 %) yang masih belum memperlihatkan peningkatan.

References

Arikunto, Surahsimi dan Safrudin A.J., Cepi. Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2014

Bennett, Judith. Evaluation Methods in Research, London: Continuum, 2003.

Hurlock, Psikologi perkembangan. Erlangga. Jakarta. 2003.

Popham, W.J.ames. Educational Measurement. New Jersey: Prentice- Hall.lnc, 1987.

Stufflebeam, Daniel L. dan Coryn, Chris L.S. Evaluation Theory, model, and application. USA: Jossey-Bass, 2014.

Sulaiman, Disertasi Pelaksanaan Program Sekolah Minggu Buddhis (SMB) Studi Evaluasi. Tidak diterbitkan. Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta. 2016.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 tahun 2003, tentang pendidikan nasional, Pasal 1, Butir 14

http://bimasbuddha.kemenag.com

Wijoyo, H., & Haudi, H. (2021, January). PENYULUHAN TEKNIK PEMASARAN KERUPUK RASA JENGKOL “DONG DONG SNACK” PEKANBARU. In PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 643-650).

Wijoyo, H. (2020). Sosialiasi Sistem Penilaian Akreditasi (SisPenA) Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) di Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Propinsi Riau. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 1(1), 7-10.

Downloads

Published

2021-08-15