Laporan Kegiatan Pengabdian Pelatihan Fungsi Manajemen Bagi PKK Desa Pulau Deras Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi

Authors

  • Elvi Lastriani STIE Dharma Putra
  • Nizamil Fadli STIE Dharma Putra
  • Yudho Wibowo STIE Dharma Putra
  • Bayu Sedih Nanda Ria STIE Dharma Putra

DOI:

https://doi.org/10.47927/jasd.v1i2.179

Keywords:

PKK, Sumber daya manusia, pelatihan

Abstract

Saat ini PKK masih dihadapkan oleh berbagai permasalahan termasuk diantaranya keterbatasan kuantitas, kualitas, dan distribusi sumber daya manusia. Sumber Daya Manusia yang menjadi penggerak kegiatan PKK desa Pulau Deras terdiri dari berbagai latar belakang pendidikan dan keilmuan yang berbeda-beda sehingga penyeragaman dalam bentuk pemikiran untuk mencapai arah tujuan dari organisasi menjadi penting untuk dilakukan, dimana hal ini bisa didapat melalui pelatihan-pelatihan dalam manajemen organisasi.

Tujuan daari kegiatan ini dilakukan adalah untuk meningkatkan pengetahuan manajemen, Sumber Daya Manusia, dan keterampilan.

Materi yang disampaikan mengenai topik pemanajemen organisasi dimulai dari memperkenalkan arti organisasi, manajemen dan pengenalan fungi dan struktur organisasi sesuai kebutuhan organisasi. Pengelolaan sumber daya manusia, dengan memperkenalkan cara memotivasi diri dan orang/anggota lain, membuat visi, misi, tujuan dan bagaimana cara melakukan evaluasi terhadap kegiatan PKK yang telah dan sedang dilaksanakan. Keterampilan soft skill dengan memperkenalkan kepemimpinan, mengasah instuisi dan informasi yang ada dalam pengambilan keputusan serta memperkenalkan tentang pencapaian kinerja jangka pendek dan jangka panjang.

References

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi

Wijoyo, H., & Haudi, H. (2021, January). PENYULUHAN TEKNIK PEMASARAN KERUPUK RASA JENGKOL “DONG DONG SNACK” PEKANBARU. In PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 643-650).

Wijoyo, H. (2020). Sosialiasi Sistem Penilaian Akreditasi (SisPenA) Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) di Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Propinsi Riau. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 1(1), 7-10.

Downloads

Published

2021-08-28