Membangun Perilaku Individu Dalam Upaya Meningkatkan Semangat Kerja UMKM Tekat Tiga Dara

Authors

  • Bayu Sedih Nanda Ria STIE Dharmaputra
  • Nizamil Fadhli Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharma Putra
  • Jasmar Jasmar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharma Putra
  • Elvi Lastriani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharma Putra

DOI:

https://doi.org/10.47927/jasd.v3i1.502

Keywords:

Perilaku Individu, Semangat Kerja.

Abstract

Kelompok Usaha Bersama (KUB) Tekat Tiga Dara Pekanbaru merupakan UMKM yang sudah berdiri sejak tahun 2006 dan berkembang di tahun 2009 ini juga membawahi dua kelompok usaha bersama yaitu Kuntum Bertuah yang bergerak dibidang kerajinan, seperti sulam tekat, pembuatan tanjak, dompet berbahan dasar songket, batik dan kerajinan lainnya. Dan yang satunya lagi adalah Mekar Bersemi yang bergerak dibidang kuliner terdiri dari makanan basah dan makanan kering seperti buluh cermai dan keripik melayu yang merupakan produk unggulan dari produk mekar bersemi. Setiap kegiatan wirausaha akan mempunyai permasalahan-permasalahan yang akan dihadapi salah satunya yang ditimbulkan akibat adanya perilaku anggota, perilaku anggota atau perilaku individu dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal biasanya dipengaruhi oleh lingkungan kerja, teman sejawat, pimpinan dan lain sebagainya sedangkan faktor eksternal dipengaruhi oleh sosial ekonomi, iklim, budaya dan lain sebagainya. Begitu pula keadaan KUB/UMKM Tekat Tiga Dara, yang pernah mengalami pasang surut dalam menangani perilaku individu dalam organisasinya. Oleh karena itu diperlukan pengetahuan tentang bagaimana membangun perilaku individu yang sehat agar organisasi dapat mencapai capaian terbaik demi kesejahteraan anggota bersama. Pada kesempatan kali ini Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STIE Dharma Putra mengadakan kegiatan PKM di UMKM Tekat Tiga Dara Pekanbaru dengan mengusung judul ”MEMBANGUN PERILAKU INDIVIDU DALAM UPAYA MENINGKATKAN SEMANGAT KERJA UMKM TEKAT TIGA DARA PEKANBARU”. Memberikan pelatihan kepada seluruh anggota KUB Tekat Tiga Dara tentang bagaimana menjaga serta membangun perilaku individu yang sehat agar organisasi dapat mencapai semangat kerja demi kesejahteraan anggota bersama.

References

Undang-Undang No 20 tahun 2008 mengenai Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

STIE Dharma Putra, 2019, Pedoman Pelaksanaan PKM, LPPM STIE Dharma Putra Pekanbaru, LPPM STIE Dharmaputra.

BPS Kota Pekanbaru, 2021, Kota Pekanbaru Dalam Angka 2021, BPS Kota Pekanbaru, CV MN Grafika: Pekanbaru.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Setyawati, E., Wibowo, A., & Riyana, E. W. (2019). Waste Management Information System based on Android. Media Aplikom, 11(2), 96-104.

Setyawati, E., Wibowo, A., Candrasari, D. M., & Martins, R. (2020). Pengukuran Fungsionalitas, Kehandalan, Efisiensi, dan Kegunaan pada Pengembangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Wisata Online pada Lokal Wisata Hutan Pinus Limpakuwus Banyumas. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi), 3(2), 50-55.

Siagian, A. O., & Wibowo, A. U. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Pendidikan di Era Revolusi Digital Industri 5.0 di Masa Pandemi. Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha, 3(2).

Siagian, A. O., Ariyanto, A., & Wijoyo, H. (2022). Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic. Nusantara Science and Technology Proceedings, 75-81.

Setyawati, E., Wijoyo, H., Suyudi, S., & Gunantara, F. A. (2021). Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Surat Pengantar Berbasis Website Dengan Framework Codeigniter Guna Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Desa Tambaksari Kidul Kabupaten Banyumas. Jurnal Informasi dan Komputer, 9(1), 22-31.

Wijoyo, Hadion and Widiyant, W., PERAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA LOKAL (The Role of Technology in Local Culture-Based Learning) (October 6, 2021). Conference: “Integrasi TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) dalam Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal”At: BANJARMASIN, Volume: 1, OKTOBER 2020 ISBN: 978-602-60163-7-9 , Available at SSRN: https://ssrn.com/abstract=3937126.

Downloads

Published

2023-02-04