Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Kelurahan Lembah Sari Kecamatan Rumbai Timur Kota Pekanbaru Mengenai Hak-hak Konsumen Dalam Transaksi Elektronik Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen
DOI:
https://doi.org/10.47927/jasd.v3i2.697Keywords:
Transaksi Elektronik, Konsumen, Hak KonsumenAbstract
Permasalahan mitra dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah minimnya pengetahuan masyarakat Kelurahan Lembah Sari Kecamatan Rumbai Timur Kota Pekanbaru mengenai hak-hak konsumen dalam transaksi elektronik berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Solusi yang ditawarkan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah peningkatan pengetahuan masyarakat Kelurahan Lembah Sari Kecamatan Rumbai Timur Kota Pekanbaru mengenai hak-hak konsumen dalam transaksi elektronik berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah menggunakan metode ceramah, dialog, dan diskusi dalam rangka memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat Kelurahan Lembah Sari Kecamatan Rumbai Timur Kota Pekanbaru. Partisipasi mitra dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah Lurah Lembah Sari yang berpartisipasi menyediakan waktu, menyediakan tempat dan fasilitas pendukung, serta menghadirkan masyarakat Kelurahan Lembah Sari Kecamatan Rumbai Timur Kota Pekanbaru sebagai peserta kegiatan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 21 Mei 2023 dimulai jam 14.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB bertempat di RW 07 Kelurahan Lembah Sari Kecamatan Rumbai Timur Kota Pekanbaru. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dihadiri sebanyak 20 orang peserta. Kesimpulannya adalah bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat telah berhasil dilaksanakan dan bermanfaat bagi para peserta. Sebelum kegiatan dilaksanakan, dari 20 orang peserta, hanya 23% yang menjawab dengan benar materi yang akan disampaikan. Sedangkan, setelah kegiatan dilaksanakan, 67% peserta menjawab telah memahami materi yang disampaikan. Pengabdian kepada masyarakat mengenai hak-hak konsumen dalam transaksi elektronik berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen sebaiknya dilaksanakan secara berkelanjutan di kelurahan-kelurahan lain yang ada di Kota Pekanbaru.
References
Ahmadi Miru dan Sutarman Yodo, 2004, Hukum Perlindungan Konsumen, Jakarta: Rajawali Pers.
Celina Tri Siwi Kristiyanti, 2011, Hukum Perlindungan Konsumen, Jakarta: Sinar Grafika.
Eli Wuria Dewi, 2015, Hukum Perlindungan Konsumen, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Janus Sidabalok, 2010, Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia, Bandung: Citra Aditya Bakti.
M. Ali Mansyur, 2007, Penegakan Hukum tentang Tanggung Gugat Produsen dalam Perwujudan Perlindungan Konsumen, Yogyakarta: Genta Press.
Rosmawati, 2018, Pokok-pokok Hukum Perlindungan Konsumen, Depok: Kencana.
Soerjono Soekanto, 2013, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penegakan Hukum, Jakarta: Rajawali Pers.
Yusuf Shofie, 2008, Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia, Bandung: Citra Aditya Bakti.
Zainal Asikin, 2016, Hukum Dagang. Jakarta: Rajawali Pers.
Wibowo, A., & Suyudi, S. (2018). Penerapan Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pengembangan Sistem Informasi STIKOM Yos Sudarso Purwokerto. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi), 1(1), 24-40.
Riau, R. R. S. M., Riau, F. F. S. M., & Riau, H. W. S. D. Pelatihan Pembekalan Siswa Praktek Kerja Industri Pada SMK 3 Terpadu Pekanbaru.
Lamirin, L., Wijoyo, H., & Sutawan, K. (2021). Analisis Pemasaran Digital dan Perkembangan Mental di Provinsi Riau. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(3), 227-231.
Shadri, R., Hermita, N., Deswarni, D., Purnamasari, A., Lingga, L. J., & Wijoyo, H. ASSESSMENT IN THE MERDEKA CURRICULUM: HOW ARE THE TEACHERS'PERSPECTIVES ON IT?. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 7(1), 202-209.
Haudi, H., Wijoyo, H., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Harga Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Kitchen Outlet Berbasis Online di Wilayah Tangerang Selatan. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 11(2a), 9-16.