Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Pengelolaan Kelas di SDN 017 Lipat Kain Selatan

Authors

  • Mutiara Yeliza Universitas Riau
  • Adinda Mutiara Army Universitas Riau
  • Luvy Avifah Febriyanti Universitas Riau
  • Hendri Marhadi Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.47927/jasd.v4i2.841

Keywords:

Pengelolaan, Kelas, Sekolah Dasar

Abstract

Pengelolaan kelas merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian
yang tujuannya untuk membuat proses pembelajaran di kelas dapat berjalan dengan baik dan tujuan
pembelajaran dapat tercapai. Pengelolaan kelas menjadi salah satu komponen penting dalam manajemen
pendidikan, karena di dalam kelas siswa akan banyak melakukan aktivitas pembelajaran yang terkait dengan
sarana prasarana, kurikulum ataupun pembelajarannya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor faktor
yang mempengaruhi keberhasilan pengelolaan kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
dengan teknik perolehan data melalui wawancara dengan guru kelas VI SDN 017 Lipat Kain Selatan. Hasil
dari penelitian ini yaitu faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan pengelolaan kelas secara garis besar
terbagi dua, faktor lingkungan dan faktor sosio-emosional. Selain itu kedua faktor tersebut, peran aktif siswa
dan guru sangat diperlukan untuk mencapai keberhasilan pengelolaan kelas dengan cara berperan aktif di kelas.
Keberhasilan pengelolaan kelas turut berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa serta kemampuan untuk
mencapai prestasi belajar karena kelas yang terkelola dengan baik akan mengasilkan suatu kesatuan atau
lingkungan yang baik bagi proses pembelajaran yang dilaksanakan

References

Al-Kansa, B. B., Agustini, S., & Pertiwi, P. I. (2023). Pengaruh Penataan Tempat Duduk Terhadap Keefektifan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 683–687.

Ali, A. Z. & M. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif. 1(1), Bandung:Satunusa.

Azman, Z. (2020). Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran. Edification Journal, 2(2), 51–64. https://doi.org/10.37092/ej.v1i2.136

Dyah, D. (2014). Pengelolaan Kelas Yang Efektif. Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma, 6(1), 61– 67.

Habbah, E. S. M., Husna, E. N., Yantoro, Y., & ... (2023). Strategi Guru Dalam Pengelolaan Kelas Yang Efektif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Holistika: Jurnal Ilmiah …, 85. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/16719%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/in dex.php/holistika/article/download/16719/8715

Kıvanç Bozkuşa. (2021). A Systematic Review of Studies on Classroom Management from 1980 to. 13(4), 433–441.

Kurniawan, A. R., Destrinelli, D., Hayati, S., Rahmad, R., Riskayanti, J., Wasena, I. S., & Triyadi, Y. (2020). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 48.

Maduretno, T. W., & Fajri, L. (2019). The effect of optimization learning resource based on Planning, Organizing, Actuating, Controlling (POAC) on contextual learning to students’ conceptual understanding of motion and force material. Journal of Physics: Conference Series, 1171(1).

Manurung, R. T., Cahyono, M. Y. M., Sitompul, M. R., & Priscila, R. (2022). Pengaruh Kompetensi Sosioemosional pada Anak dalam Pembuatan Tugas Mandiri. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 1525

Marzano, R. J., & Marzano, J. S. (2003). The Key to Classroom Management. Educational Leadership, 61(1), 6–13.

Rahmadon. (2022). Pengelolaan Kelas oleh Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 8(2), 49–66.

Rusman. (2019). Manajemen Pengelolaan Kelas. UMSurabaya

Warsono, S. (2016). Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Belajar Siswa. Manajer Pendidikan, 10(5), 469–476.

Yasa, W. M. (2018). Pengantar Pengelolaan Kelas. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 3, Issue 1)

Downloads

Published

2024-08-14