Pembinaan Pengelolaan Manajemen Usaha dan e-Marketing pada UMKM Ikan Asin W=R Family

Authors

  • Hermansyah Hermansyah STIE Dharma Putra
  • T. Irawan STIE Dharma Putra
  • Israwati Israwati STIE Dharma Putra
  • Delvina Donawati STIE Dharma Putra
  • Adinda Rahmalia STIE Dharma Putra

DOI:

https://doi.org/10.47927/jasd.v4i2.854

Keywords:

Kata Kunci: Pengelolaan manajemen usaha, perancangan e-marketing, STIE Dharma Putra.

Abstract

Perkembangan UMKM di Indonesia terus meningkat dari segi kualitasnya, hal ini dikarenakan dukungan kuat dari pemerintah dalam pengembangan yang dilakukan kepada para pegiat usaha UMKM. Dukunagn pemerintah ini sangat penting dalam mengantisipasi kondisi perekonomian ke depan serta menjaga dan memperkuat struktur perekonomian nasional.

Pada bulan September 2023 LPPM STIE Dharma Putra melaksana kegiatan PKM di UMKM Ikan Asin W=R Family  desa Teluk Rhu Rupat Utara Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau. Adapun kegiatan PKM ini mengangkat judul “Pelatihan Program Pembuatan Laporan Keuangan Desa Teluk Rhu Rupat Utara Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau”

Berbagai jenis ikan laut dijadikan ikan asin, mulai ikan kecil-kecil seperti ikan asin bulu ayam, ikan pakang sampai ikan laut yang besar-besar seeperti ikan parang, ikan belida, ikan tenggiri. Serta udang halus yang dikeringkan pun diolah oleh masyarakat. Masyarakat nelayan pembuat ikan asin menyatu dalam kelompok usaha bersama yang diberi nama UMKM W=R Family. UMKM Ikan asin W=R Family menampung seluruh produksi ikan asin yang diolah oleh  masyarakat desa Teluk Rhu.

Hasil wawancara tim PKM LPPM STIE Dharma Putra dan ketua UMKM ikan asin W=R Family dan anggotanya, penjualan menurun disebabkan karena kalah bersaing dalam mendapatkan pasokan ikan segar dari masyarakat desa.   Masyarakat desa kini terbagi menjadi beberapa UMKM sebagai penampung. Selain harga beli ikan segar yang lebih murah dari UMKM yang lain, juga disebabkan pemasaran yang sulit ditembus oleh UMKM ikan asin W=R family. Stok ikan asin sering banyak tidak terjual sehingga produksi ikan asin berkurang, akibatnya supplier ikan segar sering ditolak. Dan akhirnya warga menjual ikan segar mereka ke tempat lain.

Kegiatan PKM ini diantaranya adalah 1) Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai  “Pembinaan Pengelolaan Manajemen Usaha Dan E-Marketing Pada UMKM Ikan Asin W=R Family”, 2) Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dilaksanakan dengan memberikan pelatihan berupa ceramah yang disampaikan narasumber dan dilanjutkan dengan dialog dan Tanya jawab. Peserta sangat respond dan antusias, pelatihan berjalan lancar dan sangat komunikatif terjadi komunikasi 2 arah, 3) Selain ceramah juga langsung dilakukan pendampingan dalam pembuatan perencanaan pengelolaan manajemen usaha dan perancangan e-marketing UMKM ikan asin W=R Family.

References

Andri, A., SM, D., Donawati, D., & Suryati, E. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Harga Pokok Penjualan Berdasarkan Metode Akuntansi pada UMKM Tekat Tiga Dara Pekanbaru. Jurnal Abdimas STMIK Dharmapala, 3(1), 7–14. https://doi.org/10.47927/jasd.v3i1.500

Israwati, Hermansyah, T. Irawan, Fajrig Arsyelan, & Avid Opel Alexander. (2023). PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN, INOVASI PRODUK KREATIF DAN ORIENTASI PASAR UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN UMKM TEKAT TIGA DARA. Jurnal Pengabdian Ibnu Sina, 2(1), 72–76. https://doi.org/10.36352/j-pis.v2i1.510

Kementerian komunikasi dan informatika https://www.kominfo.go.id, berita : Transformasi Digital UMKM Jadi Perioritas Penguatan Fondasi Ekonomi, Maret 2022.

Nanda Ria, B. S., Fadhli, N., Jasmar, J., & Lastriani, E. (2023). Membangun Perilaku Individu Dalam Upaya Meningkatkan Semangat Kerja UMKM Tekat Tiga Dara. Jurnal Abdimas STMIK Dharmapala, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.47927/jasd.v3i1.502

Nugraheni Rintasari, SE, MSi, dkk, (2022), Mata Kuliah Institusional Kewirausahaan, PERS UAD Jakarta.

Wibowo, Y., Marwansyah, Frilla Degustia, & Indriaty. (2023). PELATIHAN E-COMMERCE PADA UMKM TEKAT TIGA DARA. Jurnal Pengabdian Ibnu Sina, 2(1), 77–83. https://doi.org/10.36352/j-pis.v2i1.504

Wibowo, Y., Lastriani, E., Israwati, I., & Katarina, K. (2022). Pengenalan Manajemen Konflik Dalam Meningkatkan Kepuasan Kerja. Jurnal Abdimas STMIK Dharmapala, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.47927/jasd.v2i2.357

Downloads

Published

2024-08-14