https://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jasd/issue/feed Jurnal Abdimas STMIK Dharmapala 2025-05-03T16:22:30+07:00 Open Journal Systems <p><strong>Jurnal ABDIMAS STMIK DHARMAPALA</strong> diterbitkan oleh STMIK Dharmapala Riau dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus berisi artikel tulisan ilmiah dalam bentuk hasil-hasil pengabdian kepada masyarakat tentang masalah-masalah yang terjadi baik di lembaga eksekutif, legislatif maupun di masyarakat. Penerbitan jurnal ini bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas serta menyebarluaskan bukti pengabdian kepada masyarakat sekaligus sebagai wadah komunikasi di antara cendekiawan, praktisi, mahasiswa dan masyarakat.</p> https://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jasd/article/view/1071 Program Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Minggu Buddha Loka Shanti Melalui Pengembangan Kurikulum Berbasis Teknologi 2025-05-03T12:36:50+07:00 Winja Kumari [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi implementasi program peningkatan mutu pendidikan melalui pengembangan kurikulum berbasis teknologi di Sekolah Minggu Buddha Loka Shanti. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur dan wawancara mendalam terhadap beberapa stakeholder terkait, termasuk guru, siswa, dan pengelola sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengintegrasian teknologi dalam kurikulum telah berdampak positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan, diantaranya peningkatan keterampilan siswa dalam teknologi informasi, kegiatan belajar mengajar yang lebih interaktif, serta peningkatan motivasi belajar siswa. Namun, tantangan seperti keterbatasan fasilitas teknologi dan kebutuhan pelatihan guru yang lebih mendalam menjadi isu yang harus diperhatikan untuk keberlanjutan program. Penelitian ini merekomendasikan strategi peningkatan infrastruktur teknologi dan program pelatihan guru yang berkelanjutan untuk menjamin efektivitas penuh dari implementasi kurikulum berbasis teknologi.</p> 2025-05-03T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Abdimas STMIK Dharmapala https://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jasd/article/view/1072 Pengabdian Seorang Pandita dan Dosen Dalam Memimpin dan Memberikan Dhammadesana di Vihara Loka Shanti Medan 2025-05-03T12:41:59+07:00 Winja Kumari [email protected] <p>Pengabdian masyarakat di Vihara Loka Shanti Medan merupakan salah satu bentuk nyata implementasi ajaran Buddha dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini mencakup pemberian Dhammadesana, pemimpin kebaktian, serta berbagai program pelayanan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas spiritual, moral, dan sosial umat Buddha. Berlandaskan nilai-nilai Tri Dharma (Sila, Samadhi, Panna), kegiatan ini mendukung pengembangan spiritual umat melalui pendidikan agama, pelatihan keterampilan, meditasi, dan aksi sosial. Selain itu, kegiatan ini memperkuat solidaritas sosial, memperbaiki kualitas hidup masyarakat, dan menjalin kemitraan dengan berbagai pihak. Dengan pelaksanaan yang terencana dan evaluasi berkala, pengabdian ini tidak hanya memberikan manfaat langsung kepada masyarakat sekitar tetapi juga meningkatkan citra Vihara Loka Shanti sebagai pusat pembinaan spiritual dan sosial.</p> 2025-05-03T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Abdimas STMIK Dharmapala https://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jasd/article/view/1073 Program Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Minggu Buddha Loka Shanti Melalui Pengembangan Kurikulum Berbasis Teknologi 2025-05-03T12:44:48+07:00 Winja Kumari [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi implementasi program peningkatan mutu pendidikan melalui pengembangan kurikulum berbasis teknologi di Sekolah Minggu Buddha Loka Shanti. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur dan wawancara mendalam terhadap beberapa stakeholder terkait, termasuk guru, siswa, dan pengelola sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengintegrasian teknologi dalam kurikulum telah berdampak positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan, diantaranya peningkatan keterampilan siswa dalam teknologi informasi, kegiatan belajar mengajar yang lebih interaktif, serta peningkatan motivasi belajar siswa. Namun, tantangan seperti keterbatasan fasilitas teknologi dan kebutuhan pelatihan guru yang lebih mendalam menjadi isu yang harus diperhatikan untuk keberlanjutan program. Penelitian ini merekomendasikan strategi peningkatan infrastruktur teknologi dan program pelatihan guru yang berkelanjutan untuk menjamin efektivitas penuh dari implementasi kurikulum berbasis teknologi.</p> 2025-05-03T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Abdimas STMIK Dharmapala https://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jasd/article/view/1074 Edukasi Kesetaraan Gender di SMA Buddhis Bodhicitta Medan untuk Mengurangi Diskriminasi dan Kekerasan Berbasis Gender 2025-05-03T12:48:50+07:00 Cin Siu Ong [email protected] <p>Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengedukasi kesetaraan gender di sekolah menengah guna mengurangi diskriminasi dan kekerasan berbasis gender. Kegiatan dilaksanakan di sejumlah sekolah menengah, melibatkan siswa, guru, dan staf sekolah. Metode yang digunakan mencakup seminar, lokakarya interaktif, dan pelatihan khusus yang berfokus pada memahami konsep kesetaraan gender, mengidentifikasi stereotip gender, serta strategi untuk menghadapi dan mengatasi kekerasan berbasis gender. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman dan kesadaran di kalangan siswa dan guru mengenai pentingnya kesetaraan gender. Siswa menunjukkan perubahan sikap positif terhadap peran dan hak yang setara, sementara guru merasa lebih siap untuk menangani isu-isu gender di lingkungan sekolah. Kegiatan ini juga berhasil menciptakan komunikasi yang lebih terbuka antara siswa dan guru mengenai permasalahan terkait gender, sehingga membantu menciptakan lingkungan belajar yang lebih aman dan inklusif. Pengabdian ini menyimpulkan bahwa edukasi kesetaraan gender di sekolah menengah dapat menjadi langkah efektif dalam mengurangi diskriminasi dan kekerasan berbasis gender. Partisipasi aktif dari seluruh komunitas sekolah, dukungan kebijakan, dan implementasi program yang berkelanjutan adalah kunci untuk mencapai kesetaraan gender yang sebenarnya dalam pendidikan.</p> 2025-05-03T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Abdimas STMIK Dharmapala