Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru di SMK Dharma Loka Pekanbaru Berbasis Visual Basic

  • Fery Wongso STMIK Dharmapala Riau

Abstrak

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dharma Loka Pekanbaru adalah salah satu lembaga pendidikan yang berada dibawah naungan  Yayasan Pendidikan Panca Dharma Pekanbaru. Salah satu administrasi yang dilakukan adalah pengelolaan informasi penerimaan siswa baru. Proses penerimaan siswa baru yang diterapkan di SMk Dharma Loka Pekanbaru masih bersifat manual yaitu sebatas pencatatan menggunakan buku pendaftaran dan dalam penyajian laporan tersebut penggunaan komputer hanya sebatas pengetikan seluruh data siswa yang telah dipersiapkan sebelumnya dengan menggunakan aplikasi MS-Word dan MS-Excel, sehingga di dalam menghasilkan seluruh laporan relatif lama dan kurang efisien.


 


Dalam menyelesaikan masalah tersebut maka penulis merancang suatu sistem informasi penerimaan siswa baru menggunakan bahasa pemrograman  Visual Basic 6.0, dengan database menggunakan Microsoft Access 2007, dan hasil dari laporan menggunakan Crystal Report 8.5.


 


Dengan rancangan aplikasi tersebut diharapkan SMK Dharma Loka akan memperoleh beberapa kemudahan dalam menginput data siswa baru serta penyusunan laporan menjadi lebih cepat dan lebih efisien.

Diterbitkan
2014-11-15
Cara Mengutip
WONGSO, Fery. Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru di SMK Dharma Loka Pekanbaru Berbasis Visual Basic. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 1094-1110, nov. 2014. ISSN 2598-9715. Tersedia pada: <https://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jikb/article/view/49>. Tanggal Akses: 15 juli 2020
Bagian
Articles