Perancangan Sistem Informasi Pencatatan Persediaan Barang di PT. Sigma Petrotech Berbasis Web

  • Johan Wyanaputra

Abstrak

Sebuah perusahaan manufaktur tidak terlepas dari persoalan persediaan barang yang sering kali terjadi permasalahan. Permasalahan sering terjadi karena banyaknya kesalahan manusia dalam mencatat persediaan barang dank arena banyaknya proses keluar masuk barang yang lupa dicatat dalam pembukuan. Permasalahan juga timbul dalam proses pencarian persediaan barang yang ada di gudang, karena dalam pencarian data melalui buku, ada kemungkinan terjadi kesalahan pencarian danĀ  membutuhkan waktu yang tidak sedikit dalam pencariannya. Seperti halnya dengan PT.Sigma Petrotech juga masih mencatatan persediaan barang dengan menggunakan buku besar dan kartu stok.


Dalam hal ini, pengolahan data dalam pencatatan persediaan barang di sebuah perusahaan belum semua menggunakan system informasi berbasis komputerisasi tapi masih ada yang menggunakan system pencatatan dengan cara menulis pada kartu stok dan pembukuan besar.


Melihat hal ini, maka penulis mengangkat judul skripsi Perancangan Sistem Informasi Pencatatan Persediaan Barang Berbasis Web Studi Kasus di PT.Sigma Petrotech. Untuk memperbarui system pencatatan dengan buku besar menjadi system pencatatan berbasis web yang dapat diakses secara online.

Diterbitkan
2014-11-15
Cara Mengutip
WYANAPUTRA, Johan. Perancangan Sistem Informasi Pencatatan Persediaan Barang di PT. Sigma Petrotech Berbasis Web. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 1171-1193, nov. 2014. ISSN 2598-9715. Tersedia pada: <https://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jikb/article/view/52>. Tanggal Akses: 04 juni 2020
Bagian
Articles