Sistem Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas pada PT. Perdana Sawit Sukses Pekanbaru

  • Harto . STMIK Dharmapala Riau

Abstrak

Kas adalah aktiva yang paling lancar (liquid) digunakan dalam operasi perusahaan. Kas dilihat dari sifatnya merupakan aktiva yang paling lancar dan hampir setiap transaksi dengan pihak luar selalu mempengaruhi kas. Kas merupakan komponen penting dalam kelancaran jalannya operasional perusahaan. Karena sifat kas yang likuid, maka kas mudah digelapkan sehingga diperlukan pengendalian intern terhadap kas dengan memisahkan fungsi penyimpanan, pelaksanaan, dan pencatatan. Selain itu juga dilaksanakan pengawasan yang ketat terhadap fungsi-fungsi penerimaan serta pengeluaran kas dan pencatatan.
Oleh karena itu perlu diawasi sehingga perusahaan terhindar dari kerugian yang cukup besar dimasa yang akan datang. Penerapan sistem akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas yang ada di PT. Perdana Sawit Sukses pada dasarnya kurang baik dan masih ada beberapa kelemahan yang masih harus diperbaiki yaitu penerimaan dari debitur yang tidak semuanya menggunakan cek. Dalam melakukan penagihan PT. Perdana Sawit Sukses menerima cek maupun uang tunai dari debitur. Penerimaan kas pada PT. Perdana Sawit Sukses dilakukan melalui penagihan secara langsung oleh perusahaan yang penerimaannya berupa cek serta uang tunai, dan melalui transfer bank. Mestinya penerimaan dari debitur untuk pelunasan hutang mereka menggunakan cek atau melalui transfer bank. Hal ini dimaksudkan untuk pengamanan uang kas agar tidak jatuh ke tangan penagih.

Diterbitkan
2014-11-15
Cara Mengutip
., Harto. Sistem Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas pada PT. Perdana Sawit Sukses Pekanbaru. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 1194-1211, nov. 2014. ISSN 2598-9715. Tersedia pada: <https://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jikb/article/view/53>. Tanggal Akses: 04 juni 2020
Bagian
Articles