Main Article Content

Richa Andi Susanto
Dadang Sunandar

Abstract

Aplikasi Manajemen Pengguna Data Statistik (ASAM PEDAS) dibuat untuk mengatasi masalah belum optimalnya pengelolaan pengguna data statistik di BPS Provinsi Riau. Aplikasi berbasis website yang berfungsi untuk mengelola data pengguna (costumer) statistik melalui pengintegrasian dan standarisasi format penyimpanan data pengguna yang dapat memudahkan pencarian kembali data pengguna tersebut. ASAM PEDAS berfungsi sebagai backend dalam mengelola konten statistik yang akan disebarkan kepada pengguna data. Penyebaran data dengan memanfaatkan venom bot. ASAM PEDAS menjadi sarana layanan bersifat aktif dengan mengirimkan konten statistik melalui akun email dan whatsapp pengguna data. ASAM PEDAS telah mampu mengoptimalkan pengelolaan pengguna data sekaligus meningkatkan layanan publik dari pasif menjadi aktif. Aktif maksudnya data dikirimkan langsung ke pengguna, sementara pasif yaitu pengguna yang harus mendatangi fasilitas layanan BPS untuk mendapatkan data. Pengguna data merasa puas terhadap layanan yang diberikan melalui channel whatsapp dan berharap ada pengembangan aplikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Afnibar, A., & Fajhriani, D. N. (2020). Pemanfaatan WhatsAPP sebagai Media Komunikasi Kegiatan Belajar ( Studi terhadap Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang ). Al-Munir: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 11, 70–83. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/almunir/article/download/1501/1122
Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2016). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 3(1), 1. https://doi.org/10.21043/bisnis.v3i1.1463
Ellynia, E., & Tjhin, V. U. (2014). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) pada Aplikasi Pengiriman Pesan Instan Studi Kasus: WhatsApp, WeChat, Line, KakaoTalk. Jurnal ULTIMA InfoSys, 5(1), 20–26. https://doi.org/10.31937/si.v5i1.215
Fathullah, E., & Ambarwati, A. (2020). Evaluasi Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Pengarsipan Surat Berbasis Web. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 11(2), 2431–2440. https://doi.org/10.47927/jikb.v11i2.4
Firmansah, D. A., Rohman, R. S., & Farlina, Y. (2020). Aplikasi Website Pengajuan Cuti Karyawan Rumah Sakit Islam Assyifa Sukabumi Berbasis Whatsapp Blast. Jurnal Teknologi Dan Informasi, 10(2), 129–143. https://doi.org/10.34010/jati.v10i2.2854
Hamidah, M., & Rukun, K. (2019). Implementasi Framework Yii2 Pada Sistem Electronic Arsip (E-Arsip) Kependudukan Nagari Balah Hilia. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(3).
Hidayah, D. D. (2020). KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Studi Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Cipatujah KabupatenTasikmalaya). Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 7(1), 28–34.
Pratama, P. A. E. (2018). UAT Sistem Pendataan Penduduk Pendatang di Kabupaten Gianyar Berbasis Hybrid Cloud. Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01), 1689–1699.
Rachman. (2018). Sistem Informasi Wisata Di Ampera Waterpark. Jurnal Siliwangi, 4(2), 87–92. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jssainstek/article/download/570/369
Rahardja, U., Aini, Q., & Santoso, N. P. L. (2018). Pengintegrasian YII Framework Berbasis API pada Sistem Penilaian Absensi. Sisfotenika, 8(2), 140. https://doi.org/10.30700/jst.v8i2.403
Suendri. (2018). Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan). Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 3(1), 1–9. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/algoritma/article/download/3148/1871
Trisnani, -. (2017). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Dan Kepuasan Dalam Penyampaian Pesan Dikalangan Tokoh Masyarakat. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 6(3). https://doi.org/10.31504/komunika.v6i3.1227
Widyahening, C. E. (2018). Penggunaan Teknik Pembelajaran Fishbone Diagram Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 11. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.59
Wijoyo, H. (2021). sistem informasi Manajemen. Insan Cendekia Mandiri.
Wijoyo, H. (2021). Rancang Bangun System Informasi Berbasis Website dengan Penerapan QR Code pada Pengelolaan Persediaan Barang. Insan Cendekia Mandiri.
Musnaini, M., & Wijoyo, H. (2021). Impact of Variety Seeking, dan Elektronic Word of Mouth of Cosmetic Brand Switching Brand Switching di Industri Kosmetik Indonesia. Ekonam: Jurnal Ekonomi, Akuntansi & Manajemen, 3(1), 23-32.
Wijoyo, H. (2020). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN DAN ABSENSI KARYAWAN MEGARA HOTEL PEKANBARU BERBASIS WEB. Ekonam: Jurnal Ekonomi, Akuntansi & Manajemen, 2(2), 56-76.