Main Article Content

Kevin Permana
Zuda Pradana Putra
Aryo Nugroho

Abstract

Keberadaan tripadvisor telah banyak digunakan masyarakat luas untuk mencari dan memesan hotel, salah satu hotel yang sering di pesan adalah hotel POP! Surabaya. Hotel yang dinilai merupakan hotel yang banyak orang tahu dan memiliki harga yang terjangkau sehingga tidak sedikit wisatawan dari luar maupun dalam kota yang memesan hotel tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba untuk menganalisis hotel POP! Surabaya melalui ulasan berbahasa Indonesia yang memiliki banyak ulasan antara negatif dan positif. Pada penelitian ini terdiri dari beberapa tahap. Tahap pertama adalah proses pre-processing yang terdiri dari proses case folding, tokenisasi, stemming, normalisasi kata, dan stopwordl. Selanjutnya pada tahap kedua adalah dengan melakukan pembobotan kata menggunakan metode TF-IDF. Pada tahap terakhir yaitu melakukan klasifikasi dengan metode klasifikasi yang berisi tentang ulasan tertentu. Metode klasifikasi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah K-Nearest Neighbor. Hasil yang diperoleh dari analisis sentimen terhadap hotel POP! Surabaya menggunakan algoritma K-Nearest Neighbor memperoleh hasil akurasi optimal pada nilai k=5 sampai dengan k=9 yaitu sebesar 93,3%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Andayani, S., & Ryansyah, A. (2017). Implementasi Algoritma TF-IDF Pada Pengukuran Kesamaan Dokumen. JuSiTik : Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi Komunikasi, 1(1), 53. https://doi.org/10.32524/jusitik.v1i1.218
Mujilahwati, S. (2016). Pre-Processing Text Mining Pada Data Twitter. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2016(Sentika), 2089–9815.
Septian, J. A., Fahrudin, T. M., & Nugroho, A. (n.d.). Analisis Sentimen Pengguna Twitter Terhadap Polemik Persepakbolaan Indonesia Menggunakan Pembobotan TF - IDF dan K - Nearest Neighbor. 43–49.
T, A. J., Yanosma, D., & Anggriani, K. (2017). Implementasi Metode K-Nearest Neighbor (Knn) Dan Simple Additive Weighting (Saw) Dalam Pengambilan Keputusan Seleksi Penerimaan Anggota Paskibraka. Pseudocode, 3(2), 98–112. https://doi.org/10.33369/pseudocode.3.2.98-112
Wijoyo, H. (2021). sistem informasi Manajemen. Insan Cendekia Mandiri.
Wijoyo, H. (2021). Rancang Bangun System Informasi Berbasis Website dengan Penerapan QR Code pada Pengelolaan Persediaan Barang. Insan Cendekia Mandiri.
Musnaini, M., & Wijoyo, H. (2021). Impact of Variety Seeking, dan Elektronic Word of Mouth of Cosmetic Brand Switching Brand Switching di Industri Kosmetik Indonesia. Ekonam: Jurnal Ekonomi, Akuntansi & Manajemen, 3(1), 23-32.
Wijoyo, H. (2020). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN DAN ABSENSI KARYAWAN MEGARA HOTEL PEKANBARU BERBASIS WEB. Ekonam: Jurnal Ekonomi, Akuntansi & Manajemen, 2(2), 56-76.