Pengaruh Kepercayaan Diri, Minat Belajar, Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Melalui Berfikir Kritis Sebagai Variabel Intervening
DOI:
https://doi.org/10.47927/jssdm.v2i1.326Keywords:
Kepercayaan diri, Minat Belajar, Kecerdasan Emosional, Berfikir Kritis dan Tingkat PemahamanAbstract
Persoalan pendidikan yang komplit atau lengkap memang masalah yang sangat penting dan aktual sepanjang masa dan sepanjang peradaban umat manusia, karena hanya dengan pendidikan manusia akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam kapabilitas pengelolaan alam yang dikaruniakan Tuhan yang Maha Esa kepada makhluk-Nya. Salah satu faktor untuk dapat menciptakan mausia yang berkualitas haruslah manusia tersebut memiliki kemampuan dalam memahami sebuah keadaan yang ada, dalam segi pendidikan pemahaman akan menerima pengetahuan sumber yang diberikan. Hasil penelitian Kepercayaan diri berpengaruh terhadap tingkat pemahaman mahasiswa STIE Mahaputra Riau. Minat belajar berpengaruh terhadap tingkat pemahaman mahasiswa STIE Mahaputra Riau. Kecerdasan emosional berpengaruhterhadap tingkat pemahaman mahasiswa STIE Mahaputra Riau. Berfikir kritis berpengaruh terhadap tingkat pemahaman mahasiswa STIE Mahaputra Riau. Kepercayaan diri berpengaruh Terhadap Berfikir Kritis Mahasiswa STIE Mahaputra Riau. Minat belajar berpengaruh terhadap berfikir kritis mahasiswa STIE Mahaputra Riau. Kecerdasan emosional berpengaruh terhadap berfikir kritis mahasiswa STIE Mahaputra Riau. Kepercayaan diri berpengaruh terhadap pemahaman melalui berfikir kritis sebagai variabel intervening pada Mahasiswa STIE Mahaputra Riau. Minat belajar berpengaruh terhadap pemahaman melalui berfikir kritis sebagai variabel intervening pada mahasiswa STIE Mahaputra Riau. Kecerdasan emosional berpengaruh terhadap pemahaman melalui berfikir kritis sebagai variabel intervening pada Mahasiswa STIE Mahaputra Riau
References
Amri Syaipul, 2008. Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, Volume 3, Nomor 2, Desember.
Ayuningsih Febbi Eka, Khresna Bayu Sangka dan Nurhasan Hamidi,2020. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kompetensi Keahlian Akuntansi Dan Keuangan Lembaga. Jurnal Tata Arta, Volume 6, Nomor 2.
Alatas Fathiah,2014. Hubungan Pemahaman Konsep Dengan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Treffinger Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Edusains, Volume 6, Nomor 01.
Atmaja Rosko, I Wayan Ramantha, dan I Wayan Suartana,2017. Pengaruh Minat Belajar Pada Pemahaman Akuntansi Dengan Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana.
Darwis Nur Azizah, M. Sidin Ali dan Helmi, 2020. Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Minat Belajar Fisika, Kepercayaan Diri, dan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 1 Gowa. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPS, UNM, Volume 2.
Dewi Ni Nyoman Sri Rahayu Trisna, dan Komang Krishna Yogantara, 2017. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Perilaku Belajar Sebagai Pemoderasi. Jurnal Ekuitas-Pendidikan Ekonomi, Volume 5, Nomor 2, Desember
Pranandari Rindit, Nur Diana, dan M. Colid Mawardi,2021. Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kepercayaan Diri Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Malang dan Universitas Widyagama Malang). E-JRA, Volume 10, Nomor 5, Agustus.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Sugiartini I Putu Era, I Nyoman Trisna Herawati, Luh Gede Erni Sulindawati,2017 Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Akuntansi). Jurnal Pendidikan Ganesha, Volume 7, Nomor 1.’
Marsono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif: Langkah-Langkah Menyusun Skripsi, Tesis atau Disertasi Menggunakan Teknik Analisis Jalur (Path Analysis). In Media, Bogor.
Nasution Fakhrur Arifin,2009. Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kepercayaan Diri Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa UMSU. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, Volume 9, Nomor 2, September.
Siagian, A. O., Wijoyo, H., & Cahyono, Y. (2021, March). The Effect of Debt to Asset Ratio, Return on Equity, and Current Ratio on Stock Prices of Pharmaceutical Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange 2016-2019 Period. In Journal of World Conference (JWC).
Akbar, M. F., Wijoyo, H., & Wibowo, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Mineral Alfamart Pada Toko Alfamart Cabang Cikokol. Economics, Business and Management Science Journal, 1(1), 29-39.
Wijoyo, H. (2021). Hukum Bisnis. Insan Cendekia Mandiri.
Wijoyo, H., Akbar, M. F., Safii, A. R., Prasada, D., Yusuf, A., Sudarsono, A., & Widiyant, W. (2021). The Effect of Tax Stimulus During the Covid-19 Pandemic in Improving the Performance of Taxpayers. Available at SSRN 3873695.
Setyawati, E., Widjayanti, C. E., Siraiz, R. R., & Wijoyo, H. (2021). Pengujian keamanan komputer kriptografi pada surat elektronik berbasis website dengan enkripsi metode MD5. Jurnal Manajamen Informatika Jayakarta, 1(1), 56-67.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Menhard Menhard

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.