Analisis Program Aplikasi SI-Amazing (Sistem Informasi Aksi Masif Zona Stunting) Dalam Menekan Angka Stunting di Kecamatan Putri Hijau Kabupaten Bengkulu Utara

Authors

  • Yemiranda Naomi Sihombing Universitas HKBP Nommensen
  • Jonson Rajagukguk Universitas HKBP Nommensen
  • Artha Lumban Tobing Universitas HKBP Nommensen

Keywords:

Aplikasi SI-Amazing, Aksi Masif Zona Stunting, Angka Stunting

Abstract

Aplikasi Si-AMAZING merupakan inovasi dari sektor publik berbasis mobile yang diperuntukkan untuk membantu penurunan angka stunting di kabupaten Bengkulu Utara. Aplikasi ini dirancang khusus hanya untuk kabupaten Bengkulu Utara , aplikasi ini dikembangkan sesuai dengan peraturan presiden nomor 72 Tahun 2017 mengenai strategi percepatan penurunan stunting menggunakan aplikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif melalui wawancara dengan informan kunci dan informan utama.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana program aplikasi tersebut dapat mempengaruhi proses pelayanan publik dalam pencegahan stunting. Dalam penelitian menunjukkan bahwa aplikasi lebih berfokus terhadap data informasi dan layanan pengaduan hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan kesehatan berbasis mobile Si-AMAZING bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan mengembangkan pelayanan publik yang lebih berkualitas. Penggunaan aplikasi si amazing secara umum belum optimal, faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi masih belum cukup memenuhi dan belum optimal dikarenakan kurangnya sosialisasi menyeluruh mengenai aplikasi tersebut kepada masyarakat, namun bagi Puskesmas perawatanSeblat mengungkapkan bahwa aplikasi Si- Amazing ini sangat berguna untuk membantu tpps yang berada di desa dalam melakukan monitoring jumlah kasus dikarenakan TPSS yang berada di desa tidak dapat mengakses aplikasi E-ppgbm ,selain bagi TPPS bagi masyarakat umum dapat  menggunakan dan mengakses aplikasi ini. Untuk Itu penting sekali sosialisasi mengenai aplikasi ini agar aplikasi ini dapat digunakan sesuai dengan tujuannya..

References

Amy Y.S.Rahayu,Vishnu Juwono,Krisna Puji Rahmayanti (2020) ,Pelayanan publik dan E-government:Sebuah Teori Dan Konsep,PT Raja grafindo persada Jakarta

Arnikita Yulistivira,Ria Ariany,Roni Ekha Putra,(2023),Inovasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Mobile Cegah Stunting (Ayo Ceting) Di Puskesmas Andalas Kota Padang, Jurnal Public : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Administrasi Negara ,Universitas Andalas

Dwi Noerjoedianto,Ismi Nuwaqiah Ibnu,Arnild Augina Mekarisce, (2022), Karakteristik Baduta Dan Analisis Pengembangan Aplikasi STOP STUNTING Dalam Upaya Penurunan Kasus Stunting,Department Public Health Science,Faculty O Medical And Health Science,Universitas Jambi,Indonesia

Erlin Friska,Helen Andriani (2021) ,The Utilization Of Android-Based Application As A Stunting Prevention E-Counseling Program Innovation During Covid-19 Pandemic,journal of maternal and child health .06(05):523-532

Hafidh Nasirillah,Hendro Wardhono,Sri Kamariyah (2023),Evaluasi Program Pelayanan Rembuk Stunting Berbasis Aplikasi Sayang Warga Di Puskesmas Lontar Kota Surabaya,Jurnal SAP-Vol. 1 No 2. Hal. 191

I Gede Bayu Permana Waisnawa,Made Rini Damayanti,Ida Arimurti Sanjiwani ,(2021), Pengaruh Stunting Smart Chatting Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dengan Balita Di Desa Pering Kecamatan Blahbatu Kabupaten Gianyar,Community Of Publishing In Nursing (Coping),Universitas Udayana IX (2)

John W,Creswell,(2016) Research Design : Pendekatan Kualitatif,Kuantatif Dan Mixed,Edisi Ketiga

Joko promono,S.Sos.,M.Si , ( 2020) Implementasi Dan Evaluasi Kebijakan Publik

Novita Tresiana,Noverman ,Duadji (2019).Implementasi Dan Evaluasi Kebijakan Publik

Wihda Maulani,Penerapan Electronik goverment Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik(Studi Kasus Program E-Health Di Kota Surabaya) (2020),ar siyasah, Vol 5, No 2 Hal.4

Downloads

Published

2024-07-31