https://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jssdm/issue/feed Journal of Social Science and Digital Marketing 2025-07-26T13:33:31+07:00 Hadion Wijoyo [email protected] Open Journal Systems <p><strong>Journal of Social Science and Digital Marketing </strong>is open access and peer-reviewed journal published twice a year in January and July by STMIK Dharmapala Riau.</p> <p>The Journal Social Science and Digital Marketing is a medium for disseminating research result on various topics in the fields of social science and Digital Marketing</p> https://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jssdm/article/view/869 Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Sebagai Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Gunung Baru, Kecamatan Moro’o, Kabupaten Nias Barat 2024-07-28T12:29:59+07:00 Vadel Parlindungan Kristian Zai [email protected] Maringan Panjaitan [email protected] L. Primawati Degodona [email protected] <p>Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu kebijakan yang dilakukan pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pelaksanaan PKH diharapkan mampu mengurangi tingkat kemiskinan, meningkatkan taraf pendidikan, kesehatan dan kualitas sumber daya manusia, terutama bagi masyarakat miskin. Tujuan dari penelitian: untuk mengetahui implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Gunung Baru, Kecamatan Moro'o, Kabupaten Nias Barat. Pendekatan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan implementasi kebijakan John W. Creswell dan George C. Edward. Teori tersebut adalah mixed approach. Kombinasi ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian yang tidak sepenuhnya dapat dijawab dengan pendekatan kualitatif namun implementasi kebijakan dapat dimulai dengan komunikasi yang kuat antara tujuan dan sasaran kebijakan, yang kemudian dikomunikasikan kepada kelompok sasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan dan wawancara mendalam. Hasil penelitiannya menunjukan implementasi PKH di Desa Gunung Baru sedikit mengalami kendala dan belum diimplementasikan sepenuhnya dengan baik. Pendataan penerima PKH belum lengkap karena ada beberapa keluarga yang seharusnya mendapatkan PKH tetapi tidak menerimanya. Pendampingan belum dilakukan dengan baik, dan dana PKH oleh RTSM kadang-kadang digunakan di luar batas. Untuk jangka panjang belum bisa merubah pola pikir dan perilaku Penerima Manfaat PKH secara signifikan.</p> 2025-07-05T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jssdm/article/view/870 Pengaruh Promosi Media Sosial dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Objek Wisata Taman Rekreasi Alam Mayang Pekanbaru 2024-07-28T12:33:38+07:00 Yantika Hutasoit [email protected] Nalom Siagian [email protected] Kepler Sinaga [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Objek Wisata Taman Rekreasi Alam Mayang Pekanbaru dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian adalah pengunjung di Alam Mayang Pekanbaru dengan sampel 96 responden, menggunakan data primer dan data skunder dengan kuesioner skala likert melalui <em>google form. </em>Data penelitian ini diolah melalui uji validitas, uji realibilitas, regresi berganda serta uji hipotesis melauli uji parsial dan uji simultan. Berdasarkan kriteria pengujian , nilai &nbsp;yang dihasilkan pada variabel Promosi Media Sosial () 2,057 &gt; t<sub>tabel</sub> (α = 0,05/2 ; n-k-1) = 1,984 berpengaruh positif terhadap minat berkunjung wisatawan. Berdasarkan kriteria pengujian &nbsp;nilai &nbsp;yang dihasilkan pada variabel daya tarik wisata ()&nbsp; 5,751&gt; &nbsp;(α = 0,05/2 ; n-k-1) = 1,984. Hal ini berarti variabel daya tarik wisata (X<sub>2</sub>) berpengaruh positif terhadap minat berkunjung wisatawan. Berdasarkan tabel 4.6.2 didapat nilai F<sub>hitung </sub>sebesar 17.550 &gt; F<sub>tabel </sub>(α = k; n-k) = 3,90 dengan Fsig 0,000 &lt; 0,05 maka H<sub>0</sub> ditolak. Dapat diartikan bahwa Promosi Media Sosial (X<sub>1</sub>) dan Daya Tarik Wisata (X<sub>2</sub>) berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap Minat Berkunjung Wisatawan (Y). Untuk koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,274 artinya hubungan positif dan kuat antara variabel independent (Promosi Media Sosial dan daya Tarik Wisata) dengan variabel dependen (Minat Berkunjung Wisatawan) memilki persentase 27,4 % sisanya 72,6 % dipengaruhi variabel lain diluar dari variabel lain sebagainya.</p> 2025-07-05T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jssdm/article/view/871 Analisis Program Aplikasi SI-Amazing (Sistem Informasi Aksi Masif Zona Stunting) Dalam Menekan Angka Stunting di Kecamatan Putri Hijau Kabupaten Bengkulu Utara 2024-07-28T12:37:41+07:00 Yemiranda Naomi Sihombing [email protected] Jonson Rajagukguk [email protected] Artha Lumban Tobing [email protected] <p>Aplikasi Si-AMAZING merupakan inovasi dari sektor publik berbasis mobile yang diperuntukkan untuk membantu penurunan angka stunting di kabupaten Bengkulu Utara. Aplikasi ini dirancang khusus hanya untuk kabupaten Bengkulu Utara , aplikasi ini dikembangkan sesuai dengan peraturan presiden nomor 72 Tahun 2017 mengenai strategi percepatan penurunan stunting menggunakan aplikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif melalui wawancara dengan informan kunci dan informan utama.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana program aplikasi tersebut dapat mempengaruhi proses pelayanan publik dalam pencegahan stunting. Dalam penelitian menunjukkan bahwa aplikasi lebih berfokus terhadap data informasi dan layanan pengaduan hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan kesehatan berbasis mobile Si-AMAZING bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan mengembangkan pelayanan publik yang lebih berkualitas. Penggunaan aplikasi si amazing secara umum belum optimal, faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi masih belum cukup memenuhi dan belum optimal dikarenakan kurangnya sosialisasi menyeluruh mengenai aplikasi tersebut kepada masyarakat, namun bagi Puskesmas perawatanSeblat mengungkapkan bahwa aplikasi Si- Amazing ini sangat berguna untuk membantu tpps yang berada di desa dalam melakukan monitoring jumlah kasus dikarenakan TPSS yang berada di desa tidak dapat mengakses aplikasi E-ppgbm ,selain bagi TPPS bagi masyarakat umum dapat&nbsp; menggunakan dan mengakses aplikasi ini. Untuk Itu penting sekali sosialisasi mengenai aplikasi ini agar aplikasi ini dapat digunakan sesuai dengan tujuannya..</p> 2025-07-05T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jssdm/article/view/1042 Analisis Efektivitas Saluran Distribusi Gas Elpiji Bersubsidi di Kecamatan Gunungsitoli 2025-04-23T11:11:44+07:00 Eriska Mendrofa [email protected] Maria Magdalena Bate'e [email protected] Yupiter Mendrofa [email protected] Tiarni Duha [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas saluran distribusi gas elpiji bersubsidi di Kecamatan Gunungsitoli dengan studi kasus pada PT. Tiaryasa Abadi Perkasa Gemilang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, di mana data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Fokus utama penelitian ini adalah mengidentifikasi sejauh mana saluran distribusi yang diterapkan telah berjalan secara efektif dalam memastikan ketersediaan gas elpiji bersubsidi kepada masyarakat yang berhak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa tantangan dalam proses distribusi, seperti keterbatasan pasokan, kendala logistik, serta ketidaksesuaian antara kuota distribusi dengan kebutuhan masyarakat. Selain itu, ditemukan bahwa faktor pengawasan dan regulasi memainkan peran penting dalam menentukan efektivitas distribusi. Dengan adanya evaluasi dan perbaikan dalam sistem distribusi, diharapkan distribusi gas elpiji bersubsidi dapat lebih optimal dan tepat sasaran.</p> 2025-07-05T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 https://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jssdm/article/view/1043 Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Keuangan Generasi Muda Pada Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi Universitas Nias 2025-04-23T11:15:18+07:00 Cindy K. Sarumaha [email protected] Nanny A. Bu'ulolo [email protected] Serniati Zebua [email protected] Kurniawan S. Zai [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Faktor literasi keuangan, tingkat pendapatan, dan pengalaman keuangan terhadap perilaku keuangan mahasiswa/i fakultas ekonomi universitas nias. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil pengisian kuesioner kepada 95 responden mahasiswa/i fakultas ekonomi universitas nias, serta data seconder yang diperoleh dari jurnal yang berkaitan dengan penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan, uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinan, uji heterokedastisitas, uji regresi linear berganda, uji T dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor literasi keuangan, tingkat pendapatan dan pengalaman keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan secara persial. Secara simultan faktor literasi keuangan, tingkat pendapatan dan pengalaman keuangan memiliki pengaruh 57,8% terhadap perilaku keuangan dengan 42,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.</p> 2025-07-05T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 https://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jssdm/article/view/1077 Penerapan Teknologi QR Code pada Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Untuk Memudahkan Pencarian Buku di SMP Negeri 1 Banyumas 2025-05-10T19:03:43+07:00 Endang Setyawati [email protected] Agustin Agustin [email protected] Suyudi Suyudi [email protected] <p>Perpustakaan SMP Negeri 1 Banyumas berlokasi di Jl. Alun-Alun No. 1 Sudagaran, Banyumas. Meskipun perpustakaan ini telah menyediakan fasilitas yang memadai dan melayani banyak pengunjung, pencatatan data masih dilakukan secara manual. Hal ini menyebabkan proses transaksi seperti peminjaman dan pengembalian buku, pencarian data buku, serta pengelolaan data anggota memerlukan waktu yang cukup lama. Untuk mengatasi masalah ini, penulis mengembangkan sistem informasi perpustakaan berbasis website dengan penerapan QR Code. Sistem ini dirancang menggunakan metode pengembangan Linear Sequential Model dan dibangun dengan bahasa pemrograman PHP, database MySQL, serta framework Bootstrap.</p> <p>Implementasi QR Code pada sistem ini bertujuan untuk mempercepat transaksi peminjaman buku. Pengujian terhadap sistem menunjukkan hasil yang positif, dengan tingkat kebergunaan (Usability) sebesar 80%, kemudahan belajar (Learnability) 85,5%, efisiensi (Eficiency) 87,5%, dan penerimaan (Acceptability) 82,2%. Hasil uji hipotesis mengindikasikan adanya perbedaan waktu yang signifikan dalam proses transaksi. Sebelum sistem diterapkan, waktu yang dibutuhkan untuk transaksi adalah 24,9 menit, sementara setelah penerapan sistem menjadi 8,9 menit. Nilai signifikansi (Sig.) dari uji Paired Samples Test adalah 0,000, lebih kecil dari 0,05, menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (H1) dapat diterima.</p> 2025-07-05T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Endang Setyawati, Agustin Agustin, Suyudi Suyudi https://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jssdm/article/view/1078 Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Untuk Mempercepat Pembuatan Laporan Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 2025-05-10T19:10:00+07:00 Endang Setyawati [email protected] Axl Adilla [email protected] Monika Gisthi Secaresmi [email protected] Lisa Lisa [email protected] <p>Penelitian dengan Judul Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Untuk Mempercepat Pembuatan Laporan Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Sistem Informasi Manajemen hasil Rancang Bangun dapat mempercepat waktu dalam mengerjakan laporan pada SMK Negeri 1.&nbsp;Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Observasi tersebut dilaksanakan 2 kali, yaitu pertama menggunakan sistem lama kemudian dan yang kedua menggunakan sistem baru. Pengambilan data dilakukan pada pembuatan laporan yang dibutuhkan Kepala Sekolah pada setiap bagian. Setiap <em>laporan</em> akan diukur kecepatan pembuatannya. Data yang telah diperoleh di analisis dengan menggunakan metode<em> Paired Samples T Test</em>. Uji ini dilakukan untuk membandingkan rataan kecepatan dari dua kelompok yang diteliti satu dengan yang lain, apakah kedua kelompok tersebut mempunyai rataan yang sama atau tidak secara signifikan (<em>nul</em> atau <em>alternatif hypothesis</em>). Penelitian dilakukan dengan uji coba pengetesan antara waktu mengerjakan laporan sebelum diterapkan sistem baru dan sesudah diterapkan sistem baru. Dalam penelitian ini terbukti bahwa waktu yang digunakan untuk mengerjakan laporan sesudah diterapkan sistem baru menjadi lebih cepat. Ini dapat dilihat pada output pertama hasil analisis yaitu rataan waktu yang digunakan untuk menyelesaikan laporan sebelum diterapkan sistem baru adalah 43,67 menit,&nbsp;sedangkan sesudah penerapan sistem baru waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan laporan memiliki rataan waktu 7,27 menit.&nbsp;Dapat disimpulkan dari penelitian ini adalah bahwa Sistem Informasi Manajemen SMK Negeri 1 dapat mempercepat pembuatan laporan pada SMK Negeri 1.</p> 2025-07-05T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Endang Setyawati, Axl Adilla, Monika Gisthi Secaresmi, Lisa Lisa https://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jssdm/article/view/1082 Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) dengan Loyalitas Pelanggan PT Maju Bersama Digitalindo 2025-05-13T14:11:33+07:00 Rinaldi Syahputra [email protected] Anna Wati Dewi Purba [email protected] <p><em>This research aims to examine the influence of Customer Relationship Management (CRM) on customer loyalty at PT. Maju Bersama Digitalindo. A quantitative associative approach was used to explain the relationship between CRM variables—which include customer history analysis, close relationships, network development, value proposition development, and customer lifecycle management—and customer loyalty, measured through trust, psychological commitment, switching cost, word of mouth, and cooperation. The sample consisted of all 75 customers of the company, and data were collected through questionnaires, interviews, and documentation. Regression analysis showed that CRM has a positive and significant effect on customer loyalty, both partially and simultaneously, with a coefficient of determination of 48%. These findings reinforce that effective CRM implementation can strengthen customer attachment to the company. The study contributes both theoretically and practically to the development of more personalized and strategic CRM strategies to build mutually beneficial long-term relationships between companies and customers. </em></p> 2025-07-05T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Rinaldi Syahputra, Anna Wati Dewi Purba https://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jssdm/article/view/1083 Pengaruh Brand Image, Brand Experience, E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Pada Mahasiswa UNISRI Surakarta 2025-05-14T18:23:42+07:00 Aminah Ramadhanasywa [email protected] Aurellia Saffa Putri Aditya [email protected] Intan Kusuma Dewi [email protected] Septi Intan Permata Sari [email protected] Cicilia Nita Utami [email protected] Nadiya Fikriyatuz Zakiyah [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh <em>brand image, brand experience, dan electronic word of mouth</em> (e-WOM) terhadap keputusan pembelian produk Wardah pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap 12 mahasiswa yang merupakan pengguna aktif produk Wardah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>brand image</em> Wardah sebagai merek kosmetik halal, aman, dan berkualitas memberikan kontribusi besar terhadap loyalitas konsumen. <em>Brand experience</em>, terutama dari sisi sensorik dan emosional, memperkuat keterikatan konsumen terhadap merek. Sementara itu, e-WOM terbukti sangat memengaruhi keputusan pembelian melalui ulasan digital yang dianggap kredibel oleh konsumen. Temuan ini menyimpulkan bahwa <em>brand image</em> dan e-WOM memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan <em>brand experience</em> berperan penting dalam mendorong pembelian ulang dan loyalitas. Penelitian ini merekomendasikan agar Wardah terus memperkuat citra merek, meningkatkan kualitas pengalaman merek, dan secara aktif memanfaatkan e-WOM melalui kolaborasi dengan influencer dan media sosial.</p> 2025-07-05T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Aminah Ramadhanasywa, Aurellia Saffa Putri Aditya, Intan Kusuma Dewi, Septi Intan Permata Sari, Cicilia Nita Utami, Nadiya Fikriyatuz Zakiyah https://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jssdm/article/view/1089 Analisis Komparatif Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Solo Steak dan Steak Moen-moen di Surakarta 2025-05-16T12:17:58+07:00 Amelia Bunga Junitaningrum [email protected] Ismu Probowati [email protected] Pipik Haryani [email protected] Muhamad Ridhwan Sejati [email protected] Nadiya Fikriyatuz Zakiyah [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan antara fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada dua restoran steak yang cukup populer di Surakarta, yaitu Solo Steak dan Steak Moen-moen. Penelitian ini memapai metode kuantitatif dengan pendekatan komparatif, serta pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner pada 60 responden, masing-masing 30 responden dari tiap restoran. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, serta uji beda memakai Independent Sample T-Test. Hasil analisis menunjukkan bahwa baik fasilitas maupun kualitas pelayanan di kedua restoran sama-sama valid dan reliabel, serta data berdistribusi normal dan homogen. Namun, uji beda memperlihatkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di kedua objek. Temuan ini menunjukan bahwa keduanya cukup seimbang, sehingga saran diberikan agar keduanya tetap meningkatkan kualitas untuk mempertahankan dan memperluas loyalitas pelanggan.</p> 2025-07-05T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Amelia Bunga Junitaningrum, Ismu Probowati , Pipik Haryani, Muhamad Ridhwan Sejati, Nadiya Fikriyatuz Zakiyah https://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jssdm/article/view/1191 Manajemen Keberlanjutan Investasi Pariwisata: Kontribusi Terhadap Pemulihan PDB Indonesia Pasca Krisis 2025-07-15T09:25:18+07:00 Sunday Ade Sitorus [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung pertumbuhan ekonomi dan upah minimum regional (UMR) terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia melalui investasi di sektor pariwisata. Dengan menggunakan data triwulanan tahun 2020–2024, analisis jalur dilakukan menggunakan AMOS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi dan UMR berpengaruh signifikan terhadap PDB dan investasi pariwisata, baik secara langsung maupun melalui variabel mediasi. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan pertumbuhan ekonomi dan penetapan UMR yang adil mampu mendorong investasi pariwisata yang pada akhirnya meningkatkan pendapatan nasional. Penelitian ini menegaskan pentingnya kebijakan yang terintegrasi antara regulasi upah, stabilitas ekonomi makro, dan pengembangan pariwisata. Selain itu, investasi pariwisata terbukti menjadi pendorong utama peningkatan PDB Indonesia.</p> 2025-07-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 https://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jssdm/article/view/1285 Analisis Pengelolaan Persediaan Bahan Baku Dalam Meningkatkan Produksi di Mawar Bakery Gunungsitoli 2025-07-26T13:33:31+07:00 Nince Asnifianti Zebua [email protected] Jeliswan Berkat Iman Jaya Gea [email protected] Martha Surya Dinata Mendrofa [email protected] Serniati Zebua [email protected] <p>Pengelolaan persediaan adalah pendekatan yang direncanakan untuk menentukan apa yang harus dipesan, kapan harus memesan dan berapa banyak pesanan serta berapa banyak stok sehingga biaya yang terkait dengan pembelian dan penyimpanan optimal tanpa mengganggu produksi dan Target produksi adalah batas ketentuan perusahaan mengenai suatu hasil produksi berdasarkan perencanaan-perencanaan yang telah ditetapkan perusahaan.&nbsp; Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan persediaan bahan baku dalam meningkatkan produksi di Mawar Bakery Gunungsitoli. Permasalahan yang dihadapi perusahaan antara lain pemborosan akibat pengelolaan persediaan yang tidak efisien, adanya produk yang mengalami kerusakan karena tidak cepat terjual, serta kekurangan bahan baku yang menghambat produksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian meliputi pemilik usaha, bagian gudang, bagian perencanaan produksi, bagian produksi, dan quality control.&nbsp; Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan persediaan di Mawar Bakery masih perlu perbaikan dalam aspek penjadwalan pemesanan, metode penyimpanan, dan monitoring stok. Faktor utama penyebab penurunan kualitas produk adalah penyimpanan bahan baku yang kurang optimal dan ketidaktepatan dalam perencanaan produksi. Adapun strategi yang diterapkan untuk meningkatkan produksi meliputi perbaikan sistem pengelolaan persediaan bahan baku, penerapan prinsip Just in time (JIT) dan peningkatan koordinasi antarbagian. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi Mawar Bakery dalam mengoptimalkan manajemen persediaan guna mendukung kelancaran produksi dan meningkatkan daya saing usaha.</p> 2025-07-26T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025