Peran Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Administrasi Bagi Masyarakat Pada Desa Waru Jaya Kecamatan Parung Kabupaten Bogor

Authors

  • Amirudin Amirudin Universitas Pamulang
  • Budi Haryono Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.47927/jasd.v2i2.400

Keywords:

Kata Kunci: Pemerintah Desa dan Pelayanan Administrasi

Abstract

Tujuan dilaksanakannya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) adalah untuk penguatan peran pemerintah Desa Waru Jaya dalam meningkatkan pelayanan administrasi kepada masyarakat. Penguatan peran ini penting dilakukan dalam semua ruang lingkup kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah desa, terutama dalam hal meningkatkan pelayanan terhadap masyarakatnya. Desa Waru merupakan desa yang berlokasi di Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kegiatan masyarakatnya sebagian besar berwiraswasta. Oleh karena itu, Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk penguatan peran pemerintah desa dalam meningkatkan pelayanan administrasi kepada masyarakat Desa Waru tersebut, sehingga masyarakat dapat tertib dalam pengurusan dan penyimpanan dokumen dan memberikan dampak tertib administrasi. Dengan demikian, upaya menguatkan peran aparatur pemerintahan desa, agar mampu menjalankan tugas, kewajiban, dan wewenangnya secara baik dan benar perlu dilakukan. Salah satu bentuk upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pelayanan peran aparatur pemerintahan desa dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya

References

A. Ubaedillah & Abdul Rozak (2016). Pancasila, demokrasi, HAM, dan Masyarakat Madani. Jakarta: Kencana.

Amalia, S. (2018). Reformasi Birokrasi 4.0: Strategi Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja Dan Administrasi Pelayanan Publik, 21(2), 1–18.

Eli, Elisabet. (2021) Peran Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Perkonomian di Desa Landungsari. Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Malang.

Prasojo, Risky A. 2015. Peran Pemerintah-Masyarakat Dalam Pembangunan Desa. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Rivai, Veithzal, 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: dari Teori Ke Praktik, Edisi Pertama, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Ryaas Rasyid, 2010 Makna Pemerintahan, Tinjauan dari segi Etika dan Kepemimpinan, PT. Mutiara Sumber Widya, Jakarta,

Soekanto, Soerjono. 2004. Sosiologi Keluarga. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Wijoyo, H., Suherman, S., & Khiong, K. (2022). SERVICE QUALITY PANDITA LOKAPALASRAYA AND DHARMADUTA INDONESIAN BUDDHIAN ASSEMBLY. EARR (Educational Administration Research and Review), 6(1).

Lim, H., Rinaldi, F., Hosea, E., Wijaya, R., Sitohang, J., & Awie, H. (2021). Dharmaduta Unggul di Masa Pandemi Covid-19. Insan Cendekia Mandiri.

Mariani, M., Chuanqiu, H., Sedam, M. M. M., Yadnyawati, I. A. G., Pratiwi, N. P. A., Dewi, K. S., ... & Anggreni, P. (2021). Achieving Strategy and Inspiring in the New Normal Era.

Wijoyo, H., & Haudi, H. (2021, January). PENYULUHAN TEKNIK PEMASARAN KERUPUK RASA JENGKOL “DONG DONG SNACK” PEKANBARU. In PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 643-650).

Lamirin, L., Wijoyo, H., & Sutawan, K. (2021). ANALISIS PEMASARAN DIGITAL DAN PERKEMBANGAN MENTAL DI PROVINSI RIAU. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(3), 227-231.

Downloads

Published

2022-08-15