Main Article Content

Adelia Mutiahana Pertiwi
Siti Ning Farida

Abstract

Bisnis Food and Beverage yang sedang marak berkembang di Indonesia ialah kedai kopi. Pada saat pandemi Covid-19, masalah yang dihadapi Kopi Janji Jiwa adalah persaingan antar kedai kopi secara online yang semakin ketat. Banyaknya merek kedai kopi pendatang baru membuat Janji Jiwa lebih gencar lagi dalam mengoptimalkan strateginya agar dapat tetap memasarkan produk ke konsumen dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial kebiasaan, kepuasan, kesukaan dan komitmen terhadap loyalitas konsumen dalam membeli Kopi Janji Jiwa secara online pada masa pandemic covid-19. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang mengkonsumsi Kopi Janji Jiwa secara online di Kota Surabaya, dengan sampel 100 responden. Teknik penarikan sampel menggunakan Purposive Sampling, dan teknik analisis data regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan: secara simultan variabel kebiasaan, kepuasan, kesukaan dan komitmen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen; secara parsial kebiasaan, kepuasaan, komitmen berpengaruh signifikan dan kesukaan tidak berpengaruh signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Abdullah, T., & Francis, T. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Proses IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.

Putri, Z. E., & UIN. (2015). Vol. 5, No. 2, Oktober 2015 E S E N S I Jurnal Bisnis dan Manajemen. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 5(2), 173–186.

Sangidji, Mamang, E., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implement. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Suratman, A. (2011). Analisis Pengaruh Kepuasan Konsumen, Kepercayaan, Kom… Andriyastuti Suratman. 2, 1–21.

Suherman, M., Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). INDUSTRY 4.0 vs SOCIETY 5.0.

Suci, I. G. S., Suyanta, I. W., Darna, I. W., Wijoyo, H., & Setyawati, E. (2020). A Measure Of Effectiveness Level Of Online Learning Amid Covid-19 Pandemic In The Course Of The Project Management Information Systems (Case Study In STIKOM Yos Sudarso Purwokerto). Journal of Critical Reviews, 7(12), 4059-4069.

Setyawati, E., Wijoyo, H., & Soeharmoko, N. (2020). Relational Database Management System (RDBMS).