Perancangan Sistem Akuntansi Persediaan Barang Pada Toserba Milenium Pekanbaru Dengan Program Ms.Access 2007

  • Wetri Efita STMIK Dharmapala Riau

Abstrak

Tujuan utama dari suatu usaha adalah mencari laba sebesar-besarnya dan mendirikan suatu usaha itupun biasanya dengan memperhatikan berbagai faktor yang penting, misalnya apakah letaknya dekat dengan konsumen atau dengan memperhatikan bagaimana agar produk tersebut terjangkau. Dalam mencari laba, penjualan barang dagang dan jasa menjadi sumber utama pendapatan usaha baik perusahaan dagang, jasa, maupun manufaktur. Maka dari itulah perusahaan harus mampu mengelola sumber yang memiliki nilai ekonomis yang ada di dalam perusahaan tersebut karena sektor ini merupakan sektor penting yang dapat menjamin kehidupan dan kelangsungan hidup orang banyak. Tanpa adanya sektor ekonomi, maka manusia tidak akan bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri. Salah satu yang menjadi sumber daya di dalam perusahaan tersebut adalah persediaan. Yang merupakan sistem persediaan adalah kegiatan yang ada dalam rangka pengelolaan persediaan barang dalam perusahaan tersebut dan bentuk dari persediaanya hanya berupa barang dagangan saja.


 Persediaan barang dagang yang ada di dalam suatu perusahaan sangat menentukan besar kecilnya laba yang akan diperoleh dari hasil penjualan, serta berperan penting bagi kelancaran produksi dan mengontrol kebutuhan perbelanjaan perusahaan dengan efektif dan efisien. Apabila terjadi permasalahan pada persediaan barang dagang maka akan menimbulkan permasalahan pada laporan laba rugi perusahaan, kemudian apabila persediaan akhir kurang dari yang seharusnya, maka laba bersih akan menjadi tinggi dan sebaliknya laba akan menjadi rendah apabila persediaan akhir lebih dari seharusnya. Selain itu besarnya harga pokok penjualan, laba kotor, dan laba bersih yang ada pada laporan laba rugi akan menjadi keliru. Perkembangan informasi mempunyai peranan yang sangat penting dalam suatu usaha untuk menciptakan kemajuan disemua bidang yang diperuntukkan bagi kepentingan manusia pada umumnya. Sistem informasi juga merupakan salah satu bagian penting bagi perusahaan di dalam meningkatkan produktivitas, baik dalam memperoleh informasi, mengolah dan menggunakan informasi tersebut terutama untuk kepentingan intern perusahaan. Perkembangan teknologi membawa manusia kearah teknologi informasi yang berbasis komputerisasi. Komputer membantu mempercepat pengolahan data dalam memperoleh informasi yang terdapat di dalam suatu perusahaan.

Diterbitkan
2018-05-15
Cara Mengutip
EFITA, Wetri. Perancangan Sistem Akuntansi Persediaan Barang Pada Toserba Milenium Pekanbaru Dengan Program Ms.Access 2007. , [S.l.], v. 9, n. 1, p. 1946-1976, mei 2018. ISSN 2087-3921. Tersedia pada: <http://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jikb/article/view/126>. Tanggal Akses: 23 okt. 2018
Bagian
Articles