Importance Perfomance Analysis Pelaku Usaha UKM Sektor Kuliner di Pekanbaru

  • Afred Suci Universitas Lancang Kuning

Abstrak

Tingginya jumlah pelaku kuliner UMKM di Pekanbaru mendorong munculnya upaya-upaya para pelaku usaha untuk memiliki keunggulan dibandingkan kompetitor, khususnya dalam hal keunggulan pelayanan. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menganalisis persepsi pelanggan pada pelayanan kuliner di sejumlah pelaku usaha UMKM di Pekanbaru. Populasi penelitian terdiri dari para pelanggan rumah makan, dimana sampel terdiri dari 145 orang pelanggan yang dipilih secara convenience sampling. Variabel penelitian adalah kualitas pelayanan kuliner DINESERV yang terdiri dari 5 dimensi yaitu: bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Analisa data menggunakan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kualitas pelayanan kuliner sudah memuaskan yaitu pada dimensi jaminan (80%), empati (70%), daya tanggap (69%) dan kehandalan (66%), kecuali pada dimensi bukti fisik yang masih kurang memuaskan (58%). Aspek-aspek kualitas pelayanan kuliner yang masih perlu diperbaiki adalah: area parkir, dekorasi rumah makan, kenyamanan dan kebersihan area makan, ketepatan pelayanan di jam-jam sibuk serta menu yang mudah dibaca dan menarik.

Diterbitkan
2017-05-15
Cara Mengutip
SUCI, Afred. Importance Perfomance Analysis Pelaku Usaha UKM Sektor Kuliner di Pekanbaru. , [S.l.], v. 8, n. 1, p. 1832-1840, mei 2017. ISSN 2087-3921. Tersedia pada: <http://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jikb/article/view/91>. Tanggal Akses: 23 okt. 2018
Bagian
Articles