Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Manajemen Laba Perusahaan Industri Manufaktur Basic Industri yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

  • Dini Onasis Universitas Lancang Kuning

Abstract

Good Corporate governance diharapkan dapat mengurangi kecurangan yang dilakukan oleh pengelola perusahaan maupun oleh pemilik perusahaan. sehingga diharapkan terdapat tata kelola perusahaan yang baik, yang dapat menimbulkan dan membangkitkan kepercayaan (trust) dari berbagai pihak terhadap kinerja perusahaan yang diwakili dari Laporan Keuangan Perusahaan.


Dengan alasan meningkatkan kinerja perusahaan, manajemen melakukan tindakan oportunis dengan melakukan Manajemen Laba. Oleh karena itu adanya praktek Good Corporate Governance di perusahaan akan membatasi manajemen Laba karena adanya mekanisme pengendalian dalam perusahaan tersebut. Good Corporate Governance  diproksi dengan  kepemilikan manajerial, Kepemilikan Institusional, Kualitas Audit dan komisaris independen.


Oleh karena itu, peneliti ingin meneliti tentang pengaruh good corporate governance terhadap manajemen laba perusahaan industri manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Published
2017-05-15
How to Cite
ONASIS, Dini. Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Manajemen Laba Perusahaan Industri Manufaktur Basic Industri yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 1847-1856, may 2017. ISSN 2087-3921. Available at: <http://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jikb/article/view/93>. Date accessed: 19 jan. 2018.