Pengaruh Media Jejaring Sosial Facebook terhadap Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bukittinggi

  • Kiki Ameliza STMIK Dharmapala Riau

Abstrak

Kecendrungan masyarakat saat ini yang menghabiskan banyak waktu untuk bermain facebook termasuk guru sangat mengkhawatirkan.  Mengingat guru adalah contoh dan tauladan bagi peserta didik, maka perlu untuk mengetahui seberapa besar facebook mempengaruhi kinerja para guru. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan interview (wawancara). Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru MAN 1 Bukittinggi yang berjumlah 72 orang. Sampel penelitian berjumlah 36 orang yang diambil secara acak dengan teknik simple random sampling. Adapun teknik dalam pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Angket diberikan dalam bentuk angket tertutup yang terdiri dari 30 pernyataan. Dengan menggunakan alternatif jawaban yaitu sangat setuju, setuju, ragu-ragu, tidak setuju, sangat tidak setuju. Data yang diperoleh dilakukan pengolahan dengan uji hipotesis  menggunakan rumus koefisien korelasi “r” Product Moment. Tetapi sebelumnya dilakukan uji persyaratan dengan uji normalitas .


 


Setelah dilakukan uji normalitas diperoleh kedua data berdistribusi normal. Langkah selanjutnya pengolahan data menggunakan rumus koefisien korelasi “r” Product Moment, untuk data kelompok diperoleh hasilnya 0,73. Selanjutnya dilakukan interpretasi dengan menggunakan pedoman interpretasi secara kasar maka diperoleh hasil facebook memiliki kontribusi yang cukup kuat. Selanjutnya mencari besarnya kontribusi diperoleh bahwa facebook memberikan kontribusi sebesar 53,29%. Dilanjutkan dengan menguji tingkat signifikansi diperoleh thitung = 9,098 dan ttabel=1,70. Dengan demikian thitung ≥ ttabel ; artinya terdapat hubungan yang signifikan antara facebook dengan kinerja guru. Ternyata thitung > ttabel , maka H1 diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara facebook dengan kinerja guru. Facebook  memberikan kontribusi sebesar 53,29 % pada kinerja guru dan sisanya diberikan oleh faktor yang lain.

Diterbitkan
2017-05-15
Cara Mengutip
AMELIZA, Kiki. Pengaruh Media Jejaring Sosial Facebook terhadap Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bukittinggi. , [S.l.], v. 8, n. 1, p. 1880-1889, mei 2017. ISSN 2087-3921. Tersedia pada: <http://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jikb/article/view/96>. Tanggal Akses: 23 apr. 2018
Bagian
Articles