Main Article Content

Indra Gunawan
Yelmi Yelmi

Abstract

Tingginya aktifitas keluar masuk tamu pada lingkungan Bagian Keuangan dan disertai fakta bahwa Bagian Keuangan merupakan bagian yang paling vital dari Pemerintahan Kota Batam dimana bagian ini menjadi muara dari semua data dan dokumen-dokumen keuangan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kota Batam menyebabkan perlunya pengawasan yang baik untuk mengurangi terjadinya kehilangan dokumen. Bagian Keuangan telah mempunyai perangkat CCTV tetapi dianggap belum mampu bekerja secara maksimal karena adanya keterbatasan-keterbatasan yang ada. Penulis mengusulkan Rancang Bangun Robot pengawas berbasis Raspberry Pi2 dengan pemrograman Python yang dapat bekerja secara aktif dengan kendali melalui Smartphone Android, diharapkan dengan adanya robot ini pengawasan terhadap dokumen pada Bagian Keuangan dapat dilakukan secara lebih optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Budiharto, W. 2016. Membuat Robot Cerdas. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Brock, J. D., Bruce, R. F., & Cameron, M. E. 2013. Changing the world with a Raspberry Pi. Journal of Computing Sciences in Colleges, vol 29:151-153.

Gunawan, Indra. 2016. Python dan Raspberry Pi Sebagai Media Efektif untuk Pembelajaran Awal Bahasa Pemrograman. Konferensi Nasional Sistem Informasi. Batam.

Pemko Batam. 2015. Laporan Kerja Pertanggung Jawaban Walikota Batam. Batam.

Santoso, B. 2016. Bahasa Pemrograman Python di Platform GNU/LINUX. Retrieved from E-Journal UMN.

Walsham. 2016. Jurnal. European Journal of Information Systems.

Suherman, M., Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). INDUSTRY 4.0 vs SOCIETY 5.0.

Suci, I. G. S., Suyanta, I. W., Darna, I. W., Wijoyo, H., & Setyawati, E. (2020). A Measure Of Effectiveness Level Of Online Learning Amid Covid-19 Pandemic In The Course Of The Project Management Information Systems (Case Study In STIKOM Yos Sudarso Purwokerto). Journal of Critical Reviews, 7(12), 4059-4069.

Setyawati, E., Wijoyo, H., & Soeharmoko, N. (2020). Relational Database Management System (RDBMS).