Pelatihan Manajemen Komunikasi Untuk Meningkatkan Kualitas SDM di Lingkungan BUMDES Amanah
DOI:
https://doi.org/10.47927/jasd.v3i2.693Keywords:
Manajemen komunikasi, kualitas sumber daya manusiaAbstract
BUMDES adalah singkatan dari Badan Usaha Mlik Desa adalah badan hukum yang dimiliki oleh desa sebagai fungsi usaha desa. BumDes ditiap desa memiliki nama dan jenis usahanya masing-masing. Dimana badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa yang dipisahkan guna mengelola asset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa.
Bumdes Amanah Teluk Rhu Rupat Utara Kabupaten Bengkalis resmi dibentuk pada tahun 2015 oleh kepala Desa Teluk Rhu. Dengan dibentuknya Bumdes Amanah ini adalah salah satu cara untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang meningkat di Teluk Rhu. Manajerial BumDes Amanah dalam kurun waktu tertentu mengevaluasi kinerja organisasi, selalu mendapatkan hasil yang kurang memuaskan. Hal ini menjadikan pekerjaan rumah bagi mereka apa yang menyebabkan kinerja organisasi kurang baik? Oleh karena itu disaat team LPPM STIE Dharma Putra survey untuk melakukan kegiatan PKM disana, pihak manajerial menyambut dengan suka cita dan mengajukan permintaan untuk diadakan pelatihan tentang pengelolaan manjemen sumber daya manusia. Sifat kegiatan PKM ini adalah pelatihan diikuti oleh !5 orang peserta dari pihak manajerial dan anggota BumDes Amanah, yang bertujuan menyampaikan informasi dan mengedukasi bahwa pentingnya mengelola manjemen komunikasi SDM suatu organisasi khususnya bagi BumDes Amanah.
Begitu juga halnya dengan BumDes Amanah desa Teluk Rhu Rupat Utara memiliki 2 jenis usaha yakni wisata bahari dan koperasi simpan pinjam, dikelola oleh seorang Direktur dan staff dan menempatkan beberapa SDM disana. Didirikan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa Teluk Rhu dengan memanfaatkan potensi desa yang ada. Dikelola dengan sebaik mungkin agar modal kerja dapat dikembangkan dan selanjutnya bermanfaat dan mampu mensejahterakan kehidupan masyarakat desa Teluk Rhu.
Manajerial BumDes Amanah dalam kurun waktu tertentu mengevaluasi kinerja organisasi, selalu mendapatkan hasil yang kurang memuaskan. Hal ini menjadikan pekerjaan rumah bagi mereka apa yang menyebabkan kinerja organisasi kurang baik? Mungkinkah komunikasi yang efektif penyebabnya?
Karena komunikasi dipandang sebagai sentral elemen-elemen lainnya dalam kegiatan manajemen organisasi. Alasan pertama, komunikasi memiliki fungsi untuk mempertemukan antara tujuan organisasi dengan terget hasil yang dicapai. Kedua, berfungsi untuk mengadaptasikan perubahan lingkungan organisasi. Ketiga, untuk membina hubungan antar anggota organisasi dalam melaksanakan berbagai tugas (beban kerja) organisasi. Untuk itu, kemampuan komunikasi yang efektif menjadi hal yang mutlak harus dimiliki oleh seorang pelaku organisasi. Maka tidak ada salahnya pihak manajerial meminta untuk diadakan pelatihan manajemen komunikasi bagi seluruh staff dan anggota BumDes ketika team LPPM STIE Dharma Putra datang berkunjung hendak survey lokasi kegiatan PKM.
References
Peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa pasal 117 dan pasal 185
Peraturan Presiden (PP) nomor 50 Tahun 2011 tentang Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)
Undang- Undang RI nomor 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Peraturan Menteri Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa
Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa
https://sembirkadipaten.kec-prembun.kebumenkab.go.id/index.php/web/artikel/4/418
Nanda Ria, B. S., Fadhli, N., Jasmar, J., & Lastriani, E. (2023). Membangun Perilaku Individu Dalam Upaya Meningkatkan Semangat Kerja UMKM Tekat Tiga Dara. Jurnal Abdimas STMIK Dharmapala, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.47927/jasd.v3i1.502.
Wibowo, Y., Lastriani, E., Israwati, I., & Katarina, K. (2022). Pengenalan Manajemen Konflik Dalam Meningkatkan Kepuasan Kerja. Jurnal Abdimas STMIK Dharmapala, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.47927/jasd.v2i2.357.
Andri, A., SM, D., Donawati, D., & Suryati, E. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Harga Pokok Penjualan Berdasarkan Metode Akuntansi pada UMKM Tekat Tiga Dara Pekanbaru. Jurnal Abdimas STMIK Dharmapala, 3(1), 7–14. https://doi.org/10.47927/jasd.v3i1.500.
Israwati, Hermansyah, T. Irawan, Fajrig Arsyelan, & Avid Opel Alexander. (2023). PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN, INOVASI PRODUK KREATIF DAN ORIENTASI PASAR UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN UMKM TEKAT TIGA DARA. Jurnal Pengabdian Ibnu Sina, 2(1), 72–76. https://doi.org/10.36352/j-pis.v2i1.510.
Wibowo, Y., Marwansyah, Frilla Degustia, & Indriaty. (2023). PELATIHAN E-COMMERCE PADA UMKM TEKAT TIGA DARA. Jurnal Pengabdian Ibnu Sina, 2(1), 77–83. https://doi.org/10.36352/j-pis.v2i1.504.
Wibowo, A., & Suyudi, S. (2018). Penerapan Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pengembangan Sistem Informasi STIKOM Yos Sudarso Purwokerto. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi), 1(1), 24-40.
Riau, R. R. S. M., Riau, F. F. S. M., & Riau, H. W. S. D. Pelatihan Pembekalan Siswa Praktek Kerja Industri Pada SMK 3 Terpadu Pekanbaru.
Lamirin, L., Wijoyo, H., & Sutawan, K. (2021). Analisis Pemasaran Digital dan Perkembangan Mental di Provinsi Riau. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(3), 227-231.
Shadri, R., Hermita, N., Deswarni, D., Purnamasari, A., Lingga, L. J., & Wijoyo, H. ASSESSMENT IN THE MERDEKA CURRICULUM: HOW ARE THE TEACHERS'PERSPECTIVES ON IT?. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 7(1), 202-209.
Haudi, H., Wijoyo, H., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Harga Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Kitchen Outlet Berbasis Online di Wilayah Tangerang Selatan. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 11(2a), 9-16.