Pengelolaan Limbah Sampah Rumah Tangga Melalui Proses Pemilihan Sampah Organik dan Non Organik Bagi Masyarakat Desa Klahang Sokajara di Banyumas
DOI:
https://doi.org/10.47927/jasd.v3i2.696Keywords:
Limbah sampah organik, limbah sampah non organik, bank sampahAbstract
Kegiatan Pemerintah Kabupaten Banyumas, saat ini dalam Pengelolaan sampah rumah tangga belum tertangani dengan baik sehingga berakibat fatal, sampah dari TPA akan mencemari tanah, air dan udara, serta lingkungan hidup. Dengan pertambahan penduduk semakin meningkat dan penambahan pola konsumsi masyarakat yang tinggi sehingga menimbulkan bertambahnya volume debit sampah yang semakin beragam. Salah satu Kelompok Masyarakat desa Klahang sokaraja di kabupaten Banyumas menjadi pelopor percontohan dalam rangka mengurangi masalah sampah rumah tangga yang ada yaitu melalui pengelolaan sampah yang benar dengan penyortiran pemilihan sampah organik dan non organik di setiap rumah, tertib dan disiplin. Kendala atau Permasalahan yang dialami mitra berdasarkan analisis situasi yang telah dilakukan oleh Tim PKM adalah tempat sampai yang belum memadai dan strategi pengelolaan yang kurang maksimal dalam pengelolaan sampah rumah tangga. Adapun solusi yang ditawarkan kepada mitra adalah (a) Memberikan sarana pembagian tempat sampah untuk memudahkan penyortiran sampah organik dan non organik di setiap RT dan setiap minggu masyarakat dihimbau untuk menyetorkan sampah yang non organik melalui bank sampah sehingga ada nilai positip dan yang organik dibuatkan sebuah lumbung kotak besar untuk pembuatan sampah organik menjadi pupuk sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.; (a) Memberikan pelatihan dan pendampingan dalam pengelolaan sampah ; (b) Memberikan penyuluhan dan pelatihan tentang manajemen bank sampah; dan (c) Pendampingan kemitraan secara berkala dalam mengembangkan pengelolaan sampah. Metode yang digunakan dengan pendekatan pelatihan operasionalisasi produksi sampah organik menjadi pupuk yang bernilai jual dengan pemasaran dan pengelolaan sampah non organik di kumpulkan dengan mendatangkan agen penampung barang bekas dengan dibentuk bank sampah untuk dijual untuk meningkatkan nilai ekonomi masyarakat setempat. Metode Pendampingan, agar dalam proses penerapan PKM ini, mitra dapat berjalan sesuai dengan program PKM, secara tuntas. Dengan bekerjasama melalui Progam Kemitraan Masyarakat (PKM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STIKOM Yos Sudarso Purwokerto berharap agar hasil pengelolaan limbah sampah organik dan non organik untuk sampah rumah tangga menjadi salah satu alternatif peluang yang cukup menjanjikan, selain lingkunganya tertib, bersih dan nyaman. Hasil dari Solusi oleh Tim Pkm bersama mitra yaitu menggunakan teknik yang disebut Teknologi Tepat Guna (TTG), guna membenahi pengelolaan sampah dengan penyortiran sampah organik dan non organik, melalui bank sampah. Dalam pengelolaan sampah organik menjadi pupuk dan sampah non organik dengan kerjasama melalui agen pengepul barang bekas sehingga semuanya bermanfaat.
References
Dahlan, M. (2017). PERAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT DALAM PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 81–86.
Melati, K. R. (2017). Perancangan dan Implementasi Perencanaan Bisnis dan Strategi Promosi bagi Kelompok Rintisan Usaha Mandiri Sanggar Batik Jenggolo dan Sekar Arum di Kota Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 2(2), 216–234. https://doi.org/10.22146/jpkm.27278.
Endang Setyawati, Adhi Wibowo, Ekanti WR (2019). Waste Management Information System Based On Android. jurnal Media Aplikom terbit tgl 12-12-2019, Jilid 11 terbit 2 pada hal 96 =104.
Wibowo, A., & Suyudi, S. (2018). Penerapan Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pengembangan Sistem Informasi STIKOM Yos Sudarso Purwokerto. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi), 1(1), 24-40.
Riau, R. R. S. M., Riau, F. F. S. M., & Riau, H. W. S. D. Pelatihan Pembekalan Siswa Praktek Kerja Industri Pada SMK 3 Terpadu Pekanbaru.
Lamirin, L., Wijoyo, H., & Sutawan, K. (2021). Analisis Pemasaran Digital dan Perkembangan Mental di Provinsi Riau. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(3), 227-231.
Shadri, R., Hermita, N., Deswarni, D., Purnamasari, A., Lingga, L. J., & Wijoyo, H. ASSESSMENT IN THE MERDEKA CURRICULUM: HOW ARE THE TEACHERS'PERSPECTIVES ON IT?. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 7(1), 202-209.
Haudi, H., Wijoyo, H., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Harga Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Kitchen Outlet Berbasis Online di Wilayah Tangerang Selatan. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 11(2a), 9-16.