Digitalisasi Pemasaran Produk UMKM pada Kampung Wisata Nopia di Kabupaten Banyumas

Authors

  • Endang Setyawati Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso
  • Adhi Wibowo Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso
  • Dhany Faizal Racma Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso
  • Rosalina Yani Widiastuti Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso
  • Axl Adilla Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso

DOI:

https://doi.org/10.47927/jasd.v3i2.715

Keywords:

Kampung Nopia, Digitalisasi, Home Industri, Wisata, UMKM

Abstract

Kampung wisata nopia adalah salah satu kampung UMKM di desa Pakunden Banyumas, yang merupakan hasil swadaya masyarakat secara mandiri dengan jumlah mencapai 120 KK, terdiri dari RT 3 & 4, dulu terkenal dengan kampung yang paling kumuh, tetapi dengan melihat potensi dari banyaknya home industry nopia yang berhasil dan turun temurun akhirnya tercetuslah menjadi kampung wisata nopia sebagai makanan khas oleh-oleh Banyumas. Humas Paguyupan Nopia PM Handoyo, mengatakan bahwa kampung wisata nopia berdiri pada tahun 2018, melalui proses panjang, yang diprakarsai pertama kali oleh Bapak Sasakir sebagai sesepuh dilanjutkan generasi ke 2 oleh Bapak mangun dengan didukung oleh masyarakat setempat sehingga berdirilah Gapuro yang disebut sebagai kampung wisata nopia pada tahun 2018. Kendala yang dihadapi mitra berdasarkan analisis situasi yang telah dilakukan oleh Tim PKM dalam proses pengelolaan administasi masih bersifat konvensional, strategi manajemen marketing belum dilakukan secara profesional. Solusi yang ditawarkan kepada mitra adalah (a) Memberikan pelatihan digitalisasi pemasaran melalui sarana sosial media (b) penerapan & pelatihan aplikasi web campeny profile (c) pelatihan administrasi melalui aplikasi buku warung dan analisis laporan penjualan. Metode yang digunakan adalah metode pendampingan & pendekatan dengan cara kegiatan partisipatif aktif antara tim pengusul dan mitra, agar dalam proses penerapan PKM melibatkan dosen dan mahasiswa, hal ini merupakan salah satu bentuk kegiatan, yang mendukung program MBKM. Tujuan dari hasil kegiatan PkM melalui digitalisasi dapat meningkatkan perekonomian dan dapat dimanfaatkan secara luas, oleh masyarakat lingkungan di sekitarnya, sehingga dosen tetap memenuhi tugas Tridarma. Sebagai tolak ukur keberhasilan PkM banyaknya permintaan pasar berupa oleh-oleh nopia dan ramainya pengunjung di wahana wisata oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara, sehingga produksi UMKM meningkat. Dengan bekerjasama melalui Progam Kemitraan Masyarakat (PKM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STIKOM Yos Sudarso Purwokerto. berharap. Hasil dari Solusi oleh Tim Pkm bersama mitra yaitu menggunakan teknik yang disebut Teknologi Tepat Guna (TTG), melalui digitalisasi pemasaran produk UMKM pada kampung wisata Nopia di Kabupaten Banyumas dapat bermanfaat.

References

E. Setyawati, dkk. 2020. Pengukuran Fungsionalitas, Kehandalan, Efisiensi, dan Kegunaan pada Pengembangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Wisata Online pada Lokal Wisata Hutan Pinus Limpakuwus Banyumas, Jurnal Humaniora.

E. Setyawati dkk., 2021 Rancang Bangun Berbasis website dengan penerapan QR Code pada pengelolaan persediaan barang. Penerbit Insan Cendia Mandiri.

Isbandi, Rukmito Adi. 2007. Perencanaan Partisipasi Berbasis Aset Komunitas dan Pemikiran Menuju Penerapan, Depok: Fisip UI Press.

Miles, Matthew & Huberman, A. Michael. 2014. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press.

Slamet, Y. 1990. Konsep-Konsep Dasar Partisipasi Sosial.Yogyakarta: Pusat Antar Study sosial UGM.

Ryanti, T., 2017. Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Program Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Di Desa Swarga Bara Kabupaten Kutai Timur.

Cahyono Y Dkk (2020) Manajemen Pemasaran Di Era Globalisasi Penerbit CV. Pena Persada Riau Pekan Baru.

Firmansyah Dkk (2020) Kewirausahaan Berbasis Teknologi (Teknopreneurship) Penerbit CV. Pena Persada Riau Pekan Baru.

Fahmi K, dkk (2020) Did Servant, Digital and Green Leadership Influence Market Performance? Evidence from Indonesian Pharmaceutical Industry, Sys Rev Pharm 2020;11(9):642-653 A Multifaceted Review Journal in The Field of Pharmacy See discussions, stats, and author profiles for this publication at: https://www.researchgate.net/publication/345993339 Sys Rev Pharm 2020;11(9):642-653.

Indrawan I, Dkk (2020) Digital Busines Penerbit CV. Pena Persada Riau Pekan Baru.

Musnaini Dkk, (2020) Digipreneurship (Kewirausahaan Digital) Penerbit CV. Pena Persada Riau Pekan Baru.

Suherman Dkk (2020) Digital Marketing, Penerbit CV. Pena Persada Riau Pekan Baru 9. Wijoyo H, dkk (2020) A Systematic Literature Review of Education Financing Model in Indonesian School Article in Systematic Reviews in Pharmacy · November 2020 DOI: 10.31838/Srp.2020.10.96.

Wijoyo H, dkk (2020) Effect of Product Innovation and Marketing Strategy On Consumer Purchase Decisions in Indonesia's Lightweight Roof Steel Industry Article in Journal of Critical Reviews · July 2020 Doi: 10.31838/Jcr.07.13.630.

Wijoyo H, dkk. (2020) Digitalisasi UMKM Penerbit CV Insan Cendekia Mandiri 12. Wijoyo H, Dkk (2020) Digital Economy Dan Pemasaran Era New Normal. Penerbit Insan Cendekia Mandiri.

Wibowo, A., & Suyudi, S. (2018). Penerapan Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pengembangan Sistem Informasi STIKOM Yos Sudarso Purwokerto. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi), 1(1), 24-40.

Riau, R. R. S. M., Riau, F. F. S. M., & Riau, H. W. S. D. Pelatihan Pembekalan Siswa Praktek Kerja Industri Pada SMK 3 Terpadu Pekanbaru.

Lamirin, L., Wijoyo, H., & Sutawan, K. (2021). Analisis Pemasaran Digital dan Perkembangan Mental di Provinsi Riau. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(3), 227-231.

Shadri, R., Hermita, N., Deswarni, D., Purnamasari, A., Lingga, L. J., & Wijoyo, H. ASSESSMENT IN THE MERDEKA CURRICULUM: HOW ARE THE TEACHERS'PERSPECTIVES ON IT?. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 7(1), 202-209.

Haudi, H., Wijoyo, H., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Harga Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Kitchen Outlet Berbasis Online di Wilayah Tangerang Selatan. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 11(2a), 9-16.

Downloads

Published

2023-09-01