Pelatihan Pentingnya Proses Transformasi Digital Marketing Cara Efektif dan Efisien Pada UMKM Ikan Asin W=R Family

Authors

  • Bayu Sedih Nanda Ria Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharma Putra
  • Yudho Wibowo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharma Putra
  • Frilla Degustia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharma Putra
  • Indriaty Indriaty Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharma Putra

DOI:

https://doi.org/10.47927/jasd.v4i1.821

Keywords:

Digital Marketing, UMKM, Pelatihan

Abstract

Pandemi Covid-19 telah membawa perekonomian global dan perekonomian nasional ke arah resesi ekonomi atau ekonomi yang memburuk.  Hal ini ditandai dengan pertumbuhan ekonomi nasional dan global yang negatif atau kontraksi. Untuk perekonomian nasional itu sendiri  baru mengalami kontraksi pada triwulan II tahun 2020 dengan pertumbuhan ekonomi -5,3%. Banyak usaha-usaha besar gulung tikar, apalah lagi UMKM banyak yang tidak bisa bertahan akibat pandemi covid-19 tersebut. Perekonomian nasional porak poranda. Maka setelah masa new normal, bagi UMKM yang masih bertahan, dengan kondisi menurunnya penjualan, business owner dari UMKM harus memiliki strategi agar usahanya tetap bertahan dan bangkit kembali. Salah satunya dengan melakukan transformasi digital UMKM untuk memasarkan penjualan produk atau jasanya, agar penjualan dapat ditingkatkan kembali. Apalagi setelah kebiasaan cara berbelanja yang terjadi selama pandemic adalah dengan cara online, maka strategi pemasaran harus dilakukkan perubahan seiring dengan bergantungnya masyarakat dengan  kebutuhan internet.

UMKM Ikan Asin W=R Family harus bangkit kembali, karena banyak yang bergantung hidup dan mengharapkan UMKM dapat berkembang kembali. Masa new normal, bagi UMKM yang masih bertahan, dengan kondisi menurunnya penjualan, business owner dari UMKM harus memiliki strategi agar usahanya bangkit dan penjualan meningkat kembali. Salah satunya dengan melakukan transformasi digital UMKM untuk memasarkan penjualan produk atau jasanya secara digital atau online agar penjualan dapat ditingkatkan kembali. Yang tadinya konsumen merupakan wisatawan-wisatawan yang berkunjung ke Pulau Rupat datang langsung membeli produk UMKM aneka ikan asin, namun akibat pandemic C-19 sektor pariwisata ditutup mengakibatkan penjualan UMKM ikan asin W=R Family pun menagalami penurunan yang drastis.  Perubahan perilaku konsumen dari membeli produk barang dan jasa dari offline beralih ke online mengharuskan pelaku usaha untuk menguasai berbagai bentuk pemasaran digital untuk menjual berbagai produknya. Permasalahannya adalah tidak semua pelaku usaha dengan cepat menguasai teknologi, hal ini juga dialami oleh para UMKM yang masih menggunakan pemasaran konvensional. UMKM harus dapat memanfaatkan ketergantungan masyarakat pada internet. Strategi pemasaran digital harus dikembangkan, agar dapat mendongkrak kembali penjualan.

Pada bulan September 2023 tim LPPM  kampus STIE Dharma Putra melaksanakan salah satu tri dharma perguruan tinggi yakni melaksanakan  Kegiatan PKM ikut membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi  UMKM ikan asin W=R Family dengan tema pengabdian yang diusung yakni “PELATIHAN PENTINGNYA PROSES TRANSFORMASI DIGITAL MARKETING CARA  EFEKTIF DAN EFISIEN PADA UMKM IKAN ASIN W=R FAMILY”. Kegiatan PKM tim LPPM Stie Dharma Putra memberikan pelatihan dan pendampingan dalam pengembangan unit usaha kewirausahaan serta penguasaan teknologi dan penerapan strategi pemasaran berbasis digital.

References

Andri, A., SM, D., Donawati, D., & Suryati, E. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Harga Pokok Penjualan Berdasarkan Metode Akuntansi pada UMKM Tekat Tiga Dara Pekanbaru. Jurnal Abdimas STMIK Dharmapala, 3(1), 7–14. https://doi.org/10.47927/jasd.v3i1.500

Israwati, Hermansyah, T. Irawan, Fajrig Arsyelan, & Avid Opel Alexander. (2023). PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN, INOVASI PRODUK KREATIF DAN ORIENTASI PASAR UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN UMKM TEKAT TIGA DARA. Jurnal Pengabdian Ibnu Sina, 2(1), 72–76. https://doi.org/10.36352/j-pis.v2i1.510

Kementerian komunikasi dan informatika https://www.kominfo.go.id, berita : Transformasi Digital UMKM Jadi Perioritas Penguatan Fondasi Ekonomi, Maret 2022.

Nanda Ria, B. S., Fadhli, N., Jasmar, J., & Lastriani, E. (2023). Membangun Perilaku Individu Dalam Upaya Meningkatkan Semangat Kerja UMKM Tekat Tiga Dara. Jurnal Abdimas STMIK Dharmapala, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.47927/jasd.v3i1.502

Nugraheni Rintasari, SE, MSi, dkk, (2022), Mata Kuliah Institusional Kewirausahaan, PERS UAD Jakarta.

Wibowo, Y., Marwansyah, Frilla Degustia, & Indriaty. (2023). PELATIHAN E-COMMERCE PADA UMKM TEKAT TIGA DARA. Jurnal Pengabdian Ibnu Sina, 2(1), 77–83. https://doi.org/10.36352/j-pis.v2i1.504

Wibowo, Y., Lastriani, E., Israwati, I., & Katarina, K. (2022). Pengenalan Manajemen Konflik Dalam Meningkatkan Kepuasan Kerja. Jurnal Abdimas STMIK Dharmapala, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.47927/jasd.v2i2.357.

Suyudi, S., Setyawati, E., Widiastuti, R. Y., Hermanto, D. M. C., Lianawati, Y., & Wibowo, A. (2023). Digital workplace and SMEs performance: How the Mediating role of digital leadership capability?. International Journal of Social and Management Studies, 4(5), 53-61.

Siagian, A. O., & Haudi, H. IMPLEMENTATION OF THE DECISION TREE MODEL ON MACHINE LEARNING TO PREDICT POTENTIAL NEW STUDENTS.

Wijoyo, H. (2021). Teknik pengambilan keputusan.

Downloads

Published

2024-02-13