Meningkatkan Pengetahuan Siswa SDN 173647 Raut Bosi Kecamatan Porsea dalam Mata Pelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.47927/jasd.v5i2.983Keywords:
pembelajaran aktif, hasil belajar siswa, motivasi siswa partisipasi belajarAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa di SDN 173647 Raut Bosi Kecamatan Porsea dalam mata pelajaran Matematika, dengan fokus pada penggunaan metode pembelajaran aktif untuk mendukung pemahaman konsep-konsep dasar. Artikel pengabdian ini dirancang menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang melibatkan siswa kelas V sebagai subjek. Dalam tiga siklus pembelajaran, diterapkan berbagai strategi, termasuk diskusi kelompok, permainan edukatif, dan pemberian umpan balik konstruktif. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa terhadap materi Matematika, yang ditunjukkan melalui skor tes hasil belajar yang lebih tinggi pada setiap siklus. Selain itu, partisipasi dan antusiasme siswa dalam proses pembelajaran juga meningkat, mencerminkan bahwa pendekatan yang interaktif dapat mengubah sikap siswa terhadap Matematika menjadi lebih positif. Temuan ini menegaskan pentingnya penggunaan metode pembelajaran aktif sebagai alat yang efektif untuk mendukung keberhasilan akademik siswa. Dengan demikian, pengabdian ini membuka peluang untuk penelitian lebih lanjut terkait dengan penerapan strategi serupa di konteks pendidikan lainnya.
References
alifah, n., aripin, u., & siliwangi bandung, i. (2018). proses berpikir siswa smp dalam memecahkan masalah matematik ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. jurnal pembelajaran matematika inovatif, 1(4).
alin sholihah, d., & mahmudi, a. (2015). keefektifan experiential learning pembelajaran matematika mts materi bangun ruang sisi datar the effectiveness of experiential learning in mathematics learning in subject matter of flat side construct. 2(2), 175–185.
amir, f. m. (2015). pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. prosiding seminar nasional pendidikan .
bahktiar, h., usodo, b., & magister pendidikan matematika, p. (2014). eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps) dengan problem posing pada pokok bahasan peluang ditinjau dari adversity quotient (aq) siswa kelas xi smk di kabupaten boyolali tahun ajaran 2013/2014. in jmee (vol. 2).
br. ginting, s. s. (2019). peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar siswa smp ar-rahman medan melalui pembelajaran open-ended berbasis brain-gym. axiom : jurnal pendidikan dan matematika, 8(1). https://doi.org/10.30821/axiom.v8i1.5442
fitriani, r. n., pujiastuti, h., studi, p., matematika, p., keguruan, f., pendidikan, i., sultan, u., tirtayasa, a., raya, j., km, j., pakupatan, j., cipocok jaya, k., & serang, k. (2021). pengaruh self-efficacy terhadap hasil belajar matematika. 05(03), 2793–2801.
hidayat, w., & sariningsih, r. (2018). kemampuan pemecahan masalah matematis dan adversity quotient siswa smp melalui pembelajaran open ended. diterima: 16 maret, 2(1), 109–118.
kamarullah. (2017). pendidikan matematika di sekolah kita. 1(1).
krisbiantoro, d., & haryono, d. (2017). game matematika sebagai upaya peningkatan pemahaman matematika siswa sekolah dasar. in agustus (vol. 10, issue 2).
meliyanti, d., salim nahdi, d., & afriyuni yonanda, d. (2018). 96 model discovery learning model discovery learning dalam pembelajaran matematika sekolah dasar. jurnal elementaria edukasia, 1(2).
munjiat, s. m., syaefunisa, a., syekh, i., & cirebon, n. (2020). menumbuhkan minat siswa sd terhadap mata pelajaran matematika di sdn 01 ciduwet kabupaten brebes. 2(1), 139.
novera, e., daharnis, d., erita, y., & fauzan, a. (2021). efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. jurnal basicedu, 5(6), 6349–6356. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1723
rahmah, n. (2018). hakikat pendidikan matematika oleh: nur rahmah.
simanjuntak, j., isadora simangunsong, m., & naibaho, t. (2021). perkembangan matematika dan pendidikan matematika di indonesia berdasarkan filosofi.
yulia, st. (2018). developing a learning trajectory for teaching set in secondary grade.