Peran Mahasiswa KPPM dalam Meningkatkan Literasi: Mengembangkan potensi belajar siswa/siswi di SD Negeri 173647 Raut Bosi
DOI:
https://doi.org/10.47927/jasd.v5i2.987Keywords:
Akselerasi pendidikan, lingkungan belajar, KKN, potensi anak SD, pembangunan berkelanjutan.Abstract
Program Kuliah Praktek Pengabdian Masyarakat (KPPM) memiliki peran strategis dalam mengintegrasikan upaya akselerasi pendidikan untuk mengembangkan potensi anak Sekolah Dasar (SD). Artikel ini menganalisis strategi KKN dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan berkelanjutan, serta kontribusinya terhadap peningkatan kompetensi akademik dan keterampilan sosial peserta didik. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi aktivitas KPPM di lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan berbasis proyek, pembelajaran kreatif, dan kolaborasi efektif dalam menumbuhkan minat belajar, kepercayaan diri, serta kepedulian anak tentang pentingnya literasi Selain itu, sinergi antara mahasiswa KPPM, guru, dan orang tua terbukti memperkuat ekosistem pendidikan yang holistik. Artikel ini menyimpulkan bahwa KPPM tidak hanya menjadi wadah pengabdian, tetapi juga sarana transformatif dalam mempercepat pemerataan kualitas pendidikan dasar melalui pemanfaatan potensi lokal. Rekomendasi diberikan untuk mengoptimalkan model intervensi serupa guna mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) di sektor Pendidikan.
References
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis.Jakarta: Bumi Aksara.
Tuga, V., Dhiu, K. D., & Nafsia, A. (2024). Peran mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 6 dalam meningkatkan literasi siswa di SDK Nuabosi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI).
Syahputri, A., Burhanuddin, R., Lestari, R., et al. (2022). Peran mahasiswa dalam peningkatan pendidikan masyarakat melalui Pojok Literasi-Ku di Desa Bumi Sari Kecamatan Beutong Kabupaten Nagan Raya. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK).
Ashrof, M. R., Damris, & Ratnasari, L. (2023). Peran mahasiswa dalam melaksanakan adaptasi teknologi, gerakan literasi sekolah, calistung serta membantu administrasi sekolah di SDN 217/III Talang Kemuning. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa.
Susanto, A. (2018). Pengembangan literasi anak Usia Dini. Jakarta: bumi Aksara.
Amalia, R., & Syafitri, D.(2021). Analisis Kemampuan literasi matematika siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Penelitian Matematika dan Penelitian Matematika.
Pratiwi, D. K., & Wulandari, F.(2020). Strategi peningkatan minat baca siswa sekolah dasar di era digital. Jurnal Inovasi Pendidikan.
Suryani, N., et al. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya literasi siswa sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan.
Pratiwi, D. K., & Wulandari, F. (2020). Strategi peningkatan minat baca siswa sekolah dasar di era digital. Jurnal Inovasi Pendidikan.
Huda, M. (2018). Model-model pembelajaran untuk meningkatkan literasi informasi. Jurnal Teknologi Pendidikan.
Gee, J.P. (2015). Literacy and eduction. Routledge.
Street, B. V. (1984). Literacy in theory and practice. Cambridge University Press.
Khoirunnisa, N., & Asrifan, A. (2021). Peran perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi siswa. Jurnal Perpustakaan dan Informasi.
Deny, S. (2013). Peran pendidikan karakter dalam mengembangkan kecerdasan moral. Jurnal Pendidikan Karakter.
Supriyono. (2018). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat