Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dalam Meningkatkan Penjualan Umkm Kaca Ukir “Eka Jaya Glass Art” Gilang Sidoarjo
Main Article Content
Abstract
UMKM merupakan bisnis yang bisa dikembangkan salah satunya yaitu kerajinan kaca ukir. Eka jaya glass art merupakan salah satu UMKM di kota sidoarjo yang memiliki produk yang unik. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkangkan UMKM kaca ukir sehingga dapat dikenal oleh masyarakat, dengan dilakukan Analisa bauran pemasaran 4P yang meliputi (product, price, place dan promotion). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisi SWOT. Populasi dalam penelitian ini adalah pihak management dan konsumen UMKM kaca ukir. sampel yang dipilih oleh peneliti berjumlah 47 orang yang meliputi Owner, Sekretaris, Karyawan. Dengan menggunakan Teknik penarikan sample quota sampling. Hasil penelitian ini menunjukan jika analisis IFAS dan EFAS dari UMKM kaca ukir memiliki Skor kekuatan sebesar 2,08 dan skor kelemahan sebesar 1,01. Sedangkan untuk skor peluang sebesar 1,83 dan skor ancaman sebesar 0,87 yang menunjukan posisi UMKM kaca ukir berada di kuadran I yang mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented Strategi) untuk meningkatkan penjualan kaca ukir eka jaya glass art.
Downloads
Article Details
Sugiyono (2017) Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung : Alfabeta
Suryanto. 2016. Perencanaan dan pengembangan bisnis : Tangerang Selatan : Universitas Terbuka
Menurut Buchari Alma 2014:143 menyatakan bahwa bauran pemasaran,.
Udaya,Jusuf,Luky Yunia W,Devi Anggraini A.2013. Manajemen stratajik.Yogyakarta : Graha Ilmu
Fandy Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran,Edisi 2,Penerbit Andi,Yogyakarta.
Freddy Rangkuti,2016, Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Edisi Duapuluh Dua, Cetakan Keduapuluh Dua. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Tjiptono, Fandy. Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: Andi, 2004
Abdul, Rivai dan Darsono Prawironegoro. (2015). Manajemen Strategis. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Suherman, M., Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). INDUSTRY 4.0 vs SOCIETY 5.0.
Suci, I. G. S., Suyanta, I. W., Darna, I. W., Wijoyo, H., & Setyawati, E. (2020). A Measure Of Effectiveness Level Of Online Learning Amid Covid-19 Pandemic In The Course Of The Project Management Information Systems (Case Study In STIKOM Yos Sudarso Purwokerto). Journal of Critical Reviews, 7(12), 4059-4069.
Setyawati, E., Wijoyo, H., & Soeharmoko, N. (2020). Relational Database Management System (RDBMS).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.