Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Pada Kafe Tukuh Kopi Surabaya
Main Article Content
Abstract
Tukuh Kopi Surabaya merupakan salah satu usaha di bidang kafe atau food and baverage sebagai objek penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengalisis strategi bauran pemasaran (marketing mix) dalam meningkatkan omset penjualan pada Kafe Tukuh Kopi Surabaya.
Metode penelitian yang digunakan ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis SWOT dan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi yang berkaitan dengan strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang meliputi produk, harga, promosi dan tempat dan tempat oleh peneliti dalam mengidentifikasi kekuatan,kelemahan,peluang dan ancaman dengan metode analisis SWOT pada kafe Tukuh Kopi Surabaya.
Berdasarkan penelitian ini didapatkan hasil IFAS dan EFAS yang menunjukan kekuatan dengan skor sebesar 3,25 dan kelemahan dengan skor sebesar 0,50. Sedangkan hasil EFAS menunjukan peluang dengan skor sebesar 2,00 dan ancaman dengan skor sebesar 1,05. Berdasarkan diagram Analisis SWOT, kafe Tukuh Kopi Surabaya menunjukan pada diagram I dengan mengunakan strategi SO yaitu perusahaan memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada sehingga strategi yang dapat diterapkan adalah mendukung pertumbuhan kebijakan yang agresif (growth oriented strategy) untuk meningkatkan omset penjualan pada kafeTukuh Kopi Surabaya.
Downloads
Article Details
Diatprasojo, Lantip.2018.Manajemen Strategi.Yogyakarta: UNY Press.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2018. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.
Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2016. Marketing Management, 15th Edition. England: Pearson Education, INC.
Malau, Harman.2018.Manajemen Pemasaran.Bandung: Alfabeta
Rangkuti, Freddy. 2017.Analisis SWOT, Cetakan keduapuluh.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Rivai, A., & Prawironegoro, D.2015. Manajemen Strategis.Jakarta:Mitra Wacana Media.
Setiyaningrum, Ari dkk. 2015. Prinsip-prinsip Pemasaran. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Suci, Rahayu Puji. 2015. Esensi Manajemen Strategi. Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Sudaryono.2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi.Yogyakarta: CV Andi Offset.
Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Taufiqurokhman, 2016. Manajemen Strategik. Jakarta: FISIP Universitas Prof.Dr.Mooestopo.
Thamrin dan Francis Tantri. 2015. Manajemen Pemasaran Edisi 1. Cetakan 4. Jakarta.
Tjiptono,Fandy. 2015.Strategi Pemasaran.Yogyakarta: CV.Andi Offset.
Wijayanti. 2014. Marketing Plan! Dalam Bisnis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Suherman, M., Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). INDUSTRY 4.0 vs SOCIETY 5.0.
Suci, I. G. S., Suyanta, I. W., Darna, I. W., Wijoyo, H., & Setyawati, E. (2020). A Measure Of Effectiveness Level Of Online Learning Amid Covid-19 Pandemic In The Course Of The Project Management Information Systems (Case Study In STIKOM Yos Sudarso Purwokerto). Journal of Critical Reviews, 7(12), 4059-4069.
Setyawati, E., Wijoyo, H., & Soeharmoko, N. (2020). Relational Database Management System (RDBMS).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.