Strategi Pelayanan Kesehatan Untuk Meningkatkan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Cangkuang Kulon
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini berfokus pada analisis strategi pelayanan kesehatan untuk meningkatkan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Cangkuang Kulon, yang merupakan fasilitas pelayanan primer dengan peranan penting dalam melayani kebutuhan masyarakat. Kepuasan pasien berfungsi sebagai indikator utama untuk menilai mutu layanan, sehingga diperlukan penyusunan strategi yang mampu mengakomodasi kebutuhan dan ekspektasi pasien. Pendekatan deskriptif kualitatif diterapkan dalam penelitian ini, menggunakan analisis SERVQUAL yang menilai kualitas pelayanan melalui lima dimensi inti: keandalan, responsivitas, jaminan, empati, dan aspek fisik. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara mendalam dengan pasien dan tenaga medis, serta studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan berdampak positif terhadap kepuasan pasien, meskipun masih terdapat kekurangan dalam sistem antrean, kenyamanan fasilitas, dan jumlah tenaga medis. Temuan ini semoga menjadi acuan bagi para pengambil kebijakan dalam merencanakan dalam hal strategi pelayanan kesehatan yang optimal dan berkesinambungan.
Downloads
Article Details
Anggrianni, S., Adji, I. S., Mustofa, A., & Wajdi, M. F. (2017). Kepuasan Pasien Rawat Inap Dan Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Gizi Pasien Diet Diabetes Mellitus. Jurnal Manajemen Dayasaing, 19(1), 74–85. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v19i1.5110
Averina, R. Y., & Widagda, I. G. N. J. A. (2021).
Fajriani, F., Lastri, S. ., & Hasnur, H. (2023). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Panteraja Tahun 2023. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(September), 2560–2567.
Firdausi, N. I. (2020). Analysis as A Strategy to Improve Indonesian Health Program Performance). November, 1–9.
Fitriani, N., Noor, M., & Burhanudin. (2022). Strategi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Desa Batu Kajang Kecamatan Batu Sopang. EJournal Ilmu Pemerintahan, 10(1), 334–343.
Hariyoko, Y., Jehaut, Y. D., & Susiantoro, A. (2021). Efektivitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Oleh Puskesmas Di Kabupaten Manggarai. Jurnal Good Governance, 17(2), 169–178. https://doi.org/10.32834/gg.v17i2.346
Hasibuan, R. M., Harahap, F., & Lubis, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan di Cafe Vanilla Panyabungan. Jurnal Misi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS), 4(3), 175–182.
Kansil, C. S. T., Adeline, R., Hukum, F., Tarumanagara, U., Barat, K. J., & Jakarta, P. D. K. I. (2024). Implikasi Hukum Dalam Pelayanan Kesehatan : Hak dan Kewajiban Tenaga Medis dan Pasien. 3(2), 1704–1709.
Kur, I., & Rahman Ilyas, T. (2021). STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT (Studi Pada Puskesmas Lawang Kabupaten Malang) (Vol. 15, Issue 8).
Langi, S., Winarti, E., Kadiri, U., & Timur, J. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien (The Effect of Service Quality on Patient Satisfaction). Jurnal Ilmu Medis Indonesia (JIMI, 3(1), 31–39.
Lestari. (2024). STRATEGI PELAYANAN KESEHATAN BERBASIS MASYARAKAT DAN KELUARGA DALAM PENANGGULANGAN TUBERKULOSIS DI PUSKESMAS BONTOMANGAPE KABUPATEN TAKALAR, 11–36.
Lutfiana, A., Lestari, I. S., Annisa, K., Sarah, Puspita, R., & Rasyid, Y. (2023). Kecamatan Cilandak Dalam Meningkatkan Akreditasi Strategies of the Cilandak Sub-District Community Health Centre ( Puskesmas ) in Improving Accreditation To the Plenary Level. Jurnal Administrasi Publik, 1(1), 1–14.
Mujiarto, M., Susanto, D., & Bramantyo, R. Y. (2019). Strategi Pelayanan Kesehatan Untuk Kepuasan Pasien Di Upt Puskesmas Pandean Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 3(1), 34–49. https://doi.org/10.30737/mediasosian.v3i1.572
Nopiani, C. S. (2019). Pelayanan Kesehatan Masyarakat Di Puskesmas Simpang Tiga Kecamatan Banyuke Hulu Kabupaten Landak. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 7(1), 1–7.
Nurcahyanti, E. (2017). Studi Hubungan Antara Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Unit Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Bhakti Dharma Husada. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 3(1), 8. https://doi.org/10.29241/jmk.v3i1.86
Pane, M. (2023). riani1,. KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN SURVEI PADA PASIEN RAWAT INAP DI KLINIK PT. BRIDGESTONE SUMATRA RUBBER ESTATE, TAHUN 2022.
Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 tahun 2019. (2023). Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 tahun 2019 tentang Puskesmas. Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 Tahun 2019 Tentang Puskesmas, Nomor 65(879), 2004–2006.
Pokhrel, S. (2024). No TitleΕΛΕΝΗ. Αγαη, 15(1), 37–48.
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787
Purnamasari, W. (2020). Sarjana Kesehatan Masyarakat. Purnamasari, Wulan.
Rika Widianita, D. (2023). STRATEGI PUSKESMAS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI KECAMATAN KAMPAR KIRI TENGAH. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.
Sri Irmawati dan Nurhannis, H. S. M. (2019). Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kecamatan Tatanga Kota Palu. Jurnal Katalogis, 5, 188–197.
Sugiyono Guzman, K. C., & Oktarina, Nina Paper, W. (2018). BAB III METODE PENELITIAN Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2008). Economic Education Analysis Journal, 7(1), 335–336.
Tamara, T., & Paramatra, V. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional terhadap Pelayanan Rawat Inap di Rumah Sakit: Studi Literatur. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(4), 2193–2204. https://doi.org/10.54082/jupin.821
Titik Indarti, D. (2022). Metode Guru Dalam Menerpkan Media Kartu Huruf. 2(2), 10–23.
Yunita Nirma. (2022). Jurnal Hubungan Kepuasan Keluarga Pasien pada Pelayanan Pendaftaran Rawat Inap. Hubungan Kepuasan Keluarga Pasien Pada Pelayanan Pendaftaran Rawat Inap Dengan Mutu Pelayanan Di Rumah Sakit Daerah Idaman Banjarbaru, XII(3), 1–5.
Susilawati, S. S., & Suryadi, A. H. (2024). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Oto Iskandar Dinata Kabupaten Bandung. Jurnal Innovative: Research in Management, Accounting, Business and Entrepreneurship, 4(1), 130–137. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.1968
Harnaningrum, L. N. (2024). Sistem terdistribusi: Mesin penggerak di balik big data yang mengubah dunia. Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI). https://www.utdi.ac.id/terbitan/list

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.