Pengaruh Penetapan Harga Produk Terhadap Minat Beli dan Repetitif Konsumen Pada Dreezel Coffee Bandung
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh strategi penetapan harga produk terhadap minat beli dan perilaku pembelian ulang konsumen di Dreezel Coffee Bandung. Dengan pesatnya pertumbuhan industri kedai kopi, penerapan harga yang tepat menjadi faktor kunci untuk menarik serta mempertahankan pelanggan, khususnya di kalangan mahasiswa yang menjadi sasaran utama Dreezel Coffee. Studi ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Analisis data dilakukan melalui uji validitas, reliabilitas, regresi linier berganda, serta uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli dan pembelian ulang konsumen. Artinya, semakin harga produk sesuai dengan persepsi konsumen, semakin besar pula dorongan untuk membeli dan melakukan pembelian berulang. Temuan ini diharapkan dapat dijadikan dasar oleh Dreezel Coffee dalam merancang strategi pemasaran yang lebih optimal.
Kata kunci: Penetapan harga, Minat beli, Perilaku repetitif, Coffee shop, Dreezel Coffee.
This study aims to evaluate the effect of product pricing strategies on consumer purchase intention and repurchase behavior at Dreezel Coffee Bandung. With the rapid growth of the coffee shop industry, the application of the right price is a key factor to attract and retain customers, especially among students who are the main target of Dreezel Coffee. This study uses a descriptive quantitative method by distributing questionnaires to 100 respondents. Data analysis was carried out through validity, reliability, multiple linear regression, and t and f tests. The results showed that product price has a positive and significant effect on consumer purchase intention and repurchase. This means that the more the product price is in accordance with consumer perceptions, the greater the urge to buy and make repeat purchases. These findings are expected to be used as a basis by Dreezel Coffee in designing a more optimal marketing strategy.
Keywords: Pricing, Purchase interest, Repeat behavior, Coffee shop, Dreezel Coffee.
Downloads
Article Details
Philip Kotler, Kevin Lane Keller, Mairead Brady, Malcolm Goodman, Torben Hansen - MARKETING MANAGEMENT 4th Eueropean Edition 2019
Philip Kotler, Kevin Lane Keller, Mairead Brady, Malcolm Goodman, Torben Hansen - MARKETING MANAGEMENT 3nd Edition 2016
Philip Kotler, Kevin Lane Keller A FRAMEWORK FORM MARKETING MANAGEMENT -Sixth Edition, Global Edition 2016.
Sudirman, A., Ratih, S. D., Manggabarani, A. S., Soegoto, A. S., Ratnasari, K., Burhanudin, J., … & Utami, M. M. (2022). Manajemen Pemasaran Kontemporer.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Dan R&D: Alfabeta.z
Agnelda, N. (2023). PENGARUH PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA DISEBUT KOPI BANDUNG (Doctoral dissertation, PERPUSTAKAAN).
ANANTA, K. V. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Produk Mie Instan Alami Lemonilo (Studi Pada Masyarakat Kota Denpasar) (Doctoral dissertation, Universitas Mahasaraswati Denpasar).
Anggiati, N. (2022). PENGARUH PENETAPAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA COFFE SHOP WHITE BEARD COFFEE (Doctoral dissertation, FISIP UNPAS).
Dian, Wijanti. 2011. “Universitas Kristen Petra Surabaya.” Dimensi Interior, 8(1): 44–51. publication.petra.ac.id/index.php/sastra-tionghoa/article/view/121.
Farasi, Agusti Nisri Mentari. 2016. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen PT. Kharisma Graha Jaya Medan.” : 6–19.
Herdayanti. 2018. “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Produk Home Industry Nadhifa.” Https://Medium.Com/ (2016): 12–40. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.
Julianti, A. (2023). PENGARUH PENETAPAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN RETAIL PADA PD MARTINE TOPI DI KABUPATEN
BANDUNG (Doctoral dissertation, PERPUSTAKAAN
Kencana, S. (2019). Analisis Strategi Penetapan Harga SKM. CLOTHING. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (2), 1003-1011.
Kurniawan, Muhammad Nur, and S. Syahrani. 2021. “Pengadministrasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Lembaga Pendidikan.” Adiba: Journal of Education 1(1): 69–78.
Mashuri, M. (2019). Analisis strategi pemasaran UMKM di era 4.0. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 215-224.
Mohamad, R., & Rahim, E. (2021). Strategi bauran pemasaran (marketing mix) dalam perspektif syariah. MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah), 2(1), 15- 26.
Novel, A. H., Kamanda, S. V., & Hermansyah, T. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Aqua (Studi Pada Pelanggan Sinar Mart Jalan R Soeprapto Batam). JURNAL AL- AMAL, 1(1), 33-38.
Prabowo, Septi Aji. 2018. “Pengaruh Suasana Toko, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Mirota Kampus Godean.” Jurnal Ekobis Dewantara 1(7): 155–126.
Rahima, P., & Cahyadi, I. (2022). Pengaruh Fitur Shopee Paylater terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Mataram. Target: Jurnal Manajemen Bisnis, 4(1), 39-50.
Retnowulan, Julia. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Smartphone Xiaomi.” Jurnal Humaniora Universitas Bina Sarana Informatika 17(2): 139–45.
Sandala, Falian Daniel, Altjie L. Tumbel, and Jeffry L. A. Tampenawas. 2021. “Pengaruh Kelompok Referensi, Persepsi Harga Dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Umkm Beenji Cafe Di Sario Kecamatan Sario.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 9(1): 878–86.
Subianto, Subianto. 2022. “Sistem Informasi Pengiriman Barang.” Jurnal Ilmiah Infokam 18(2): 132–39.
Tania, A. E., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 9(1), 75-84.
Wirayanthy, N., & Santoso, S. (2018). Pengaruh harga, citra merek dan kualitas terhadap minat beli produk private label. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 87-96.
Dede Jaelani, Rakhmawati Purba, Sri Winda Hardiyanti Damanik. 2022. “Pengaruh Potongan Harga (Price Discount) Dan In Store Display Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan Rizky Net Bandar Masilam).” Jurnal Management and Business Progress 1(2) 27-35.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.