Main Article Content

Stephany Cinta Susilowati
Apriade Voutama

Abstract

Sistem absensi berbasis digital menjadi kebutuhan esensial bagi perusahaan untuk meningkatkan efisiensi pencatatan kehadiran karyawan. Namun, perbedaan pengalaman pengguna antara platform desktop dan mobile sering kali menjadi kendala dalam implementasi sistem ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan meningkatkan pengalaman pengguna (UI/UX) dengan pendekatan Activity-Centered Design (ACD) guna memahami pola interaksi karyawan dalam melakukan absensi. Metode yang digunakan adalah pengujian usability menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) yang melibatkan 30 responden, menilai enam aspek utama: attractiveness, perspicuity, efficiency, dependability, stimulation, dan novelty. Hasil penelitian menunjukkan bahwa platform desktop lebih stabil dan mudah dinavigasi, sementara versi mobile lebih fleksibel tetapi mengalami keterbatasan dalam kejelasan informasi dan kecepatan akses. Rata-rata skor usability berada pada kategori cukup baik hingga baik, dengan aspek dependability dan attractiveness memiliki skor tertinggi, sedangkan novelty menjadi aspek dengan skor terendah. Berdasarkan temuan ini, dilakukan perbaikan UI/UX untuk meningkatkan keterjangkauan fitur dan pengalaman pengguna yang lebih optimal pada kedua platform.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Alsindo, Y., Ariandi, M., Zuhri Yadi, I., Oktarina, T., Teknologi, S., Bina Darma, U., Jendral Yani No, J. A., & Selatan, S. (2023). Rancang Bangun Design Ui/Ux Pada Apikasi Workfit Menggunakan Metode Design Thinking. JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, 7(2), 331–343.
Assaufa, N. I., & Arifin, M. (2023). Perancangan UI / UX Aplikasi “ BISA ” Dengan Pendekatan Design Thinking. 2, 50–61.
Fajaria, M., & Ditha Tania, K. (2023). Evaluasi User Experience Dan Usability Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode User Experience Questionnaire Dan System Usability Scale. JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, 7(2), 204–213.
Fatmi Yasmin, A., Deni, D., Cinta Susilowati, S., & Heryana, N. (2024). Rancang Bangun Sistem Absensi Pegawai Berbasis Website Terintegrasi Google Maps. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(4), 5863–5870. https://doi.org/10.36040/jati.v8i4.10105
Hariansyah, H., & Hariansyah, H. (2024). Implementasi Metode User Centered Design Dalam Perancangan Ui/Ux Purwarupa Aplikasi Lacakin. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(3), 2029–2042. https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3.4602
Hidayah, R., & Idris, M. (2023). Perancangan User Interface Mobile Aplikasi Job Orderapp Pt. Dinamika Mediakom Menggunakan Metode Activity Centered Design Dengan Pendedkatan Teori Gestalt. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 5(2), 1–15. https://doi.org/10.54783/jin.v5i2.701
Kusnadi, I. T., Huddin, J. M., Supiandi, A., & Oktapiani, R. (2024). Implementasi Feature Driven Development Pada Sistem Informasi Absensi Dan Penggajian ( Sisenji ) Berbasis Web. Jurnal Responsif, 6(2), 195–204.
Mubarok, A. Z., Carudin, C., & Voutama, A. (2022). Perancangan User Interface/User Experience Pada Aplikasi Baby Spa Berbasis Mobile Untuk User Customer Dan Terapis Menggunakan Metode User Centered Design. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6368–6380. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/7708
Normah, & Sihaloho, F. (2023). Perancangan User Interface (UI) dan User Experince (UX) Aplikasi Pendistribution Alat-alat Kesehatan pada PT. Rekamileniumindo Selaras Jakarta Barat. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 9(1), 33–38.
Purnama, E. R., Kaniawulan, I., & Sulistiyo, M. I. (2024). Perancangan UI / UX E-Katalog Handphone Menggunakan Metode Activity Centered Design. 10(2), 695–711.
Studi, P., Informasi, S., Informasi, F. T., & Tarumanagara, U. (2021). Dengan Metode User Centered Design. 1, 16–24.