Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan di Klinik Dental Care Cihanjuang Parongpong Bandung Barat
Main Article Content
Abstract
Klinik Dental care merupakan klinik swasta yang melayani berbagai macam pelayanan kesehatan gigi. Salah satu permasalahan utama yang sering dihadapi oleh klinik ini terkait dengan mutu pelayanan adalah kurangnya jumlah tenaga medis yang tersedia serta keterbatasan fasilitas ruang yang ada. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan atau menjelaskan fenomena secara rinci dan objektif. Hasil dari penelitian ini dari indikator realibilitas, jaminan, dan empati pelayanan yang dilakukan oleh klinik dental care sudah cukup baik dalam melakukan kualitas pelayanan. Sedangkan daya tanggap klinik dental care masih kurang maksimal dikarenakan masih ada waktu dimana proses tindakan perawatan tidak dibantu oleh perawat karena sedang menangani pasien yang lain. Dan juga berdasarkan Bukti fisik yaitu prasarana di klinik Dental care masih kurang memadai yang mana tempat ruang tunggu yang sempit dapat mempengaruhi kenyamanan pasien.
Downloads
Article Details
Andi Riska Aprilia, A. S. (2022). Analisis Hubungan Persepsi Pasien Tentang Kualitas Pelayanan Dengan Minat Pemanfaatan Ulang Di Klinik Gigi dan Mulut Swasta Kota Makassar. Journal Off Muslim Community Health (JMCH), 102-115.
Antonius Rino Vanchapo, M. (2022). Mutu pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien. Tangerang: Tata mutiara hidup indonesia.
aulia. (2023, April 01). Teknik Analisis Data: Pengertian, Jenis dan Cara Memilihnya. Diambil kembali dari uptjurnal.umsu.ac.id: https://uptjurnal.umsu.ac.id/teknik-analisis-data-pengertian-jenis-dan-cara-memilihnya/
Aulia, T. (2023). Teknik Analisis Data: Pengertian, Jenis dan Cara Memilihnya. UPTJurnal.
Aulia, T. (2023, April 1). Teknik Analisis Data: Pengertian, Jenis dan Cara Memilihnya. Diambil kembali dari uptjurnal.umsu.ac.id: https://uptjurnal.umsu.ac.id/teknik-analisis-data-pengertian-jenis-dan-cara-memilihnya/
Cici Afriani, (2023), Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Di Kelas III Rumah Sakit Duta Indah Jakarta,
Cut Rohana Sofyana, J. H. (2020). Analisis Kualitatif Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Gigi Di Poli Klinik Gigi Dan Mulut Di Rsud Tgk Chik Ditiro Sigli . Journal of Healthcare Technology and Medicine Vol. 6 No. 2, 1221-1235.
Feny Rita Fiantika, M. W. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Padang: Global Ekskutif Teknologi.
Handayany, G. N. (2020). Kualitas pelayanan kefarmasian dan kepuasan pasien. Makasar: Media nusa creative.
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Medan: Wal Ashri Publishing.
Makmun, D. d. (2022). Armanto Makmun. Yogyakarta: Nas Medika Indonesia.
Meylita, F. S., (2022), Hubungan Kualitas Pelayanan Kehatan dengan kepuasan pasien rawat inap rumah sakit santa elsabeth Medan
Miska (2018), Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Badan Penyelenggara Jaminan sosial kesehatan pada rumah sakit pendidikan unhas makassar
Nadia Hendra Pratama, A. G. (2023). Mutu Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Dalam Meningkatkan Kepuasan Pasien Di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama . Jurnal Kesehatan Tambusai, 1812-1818.
Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Medan: Harfa Creative.
Nirma Yunita, N. H. (2023). Tingkat kepuasan pasien pengguna sistem pendaftaran rawat jalan sistem online. CV. Science Techno Direct.
Rangkuti. (2024, November 24). Teknik-Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian: Panduan Lengkap untuk Peneliti. Diambil kembali dari fahum.umsu.ac.id: https://fahum.umsu.ac.id/blog/teknik-teknik-pengumpulan-data-dalam-penelitian-panduan-lengkap-untuk-peneliti/
Rangkuti, M. (2024). Teknik-Teknik Pengumpulan Data dalam penelitian: Panduan lengkap untuk peneliti. Fahum Umsu.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.