Penerapan Metode Double Diamond Dalam Perancangan UI/UX Sistem Absensi Siswa Berbasis Web
Main Article Content
Abstract
Proses absensi siswa yang dilakukan secara manual cenderung menghambat pencatatan, menjadi lebih sulit untuk merangkum kehadiran, dan kurang efisien bagi siswa. Untuk mengatasi hal ini, metode Double Diamond digunakan dalam merancang sistem web berbasis absensi siswa dalam penelitian ini. Metode ini melibatkan empat tahap utama, yaitu Discover, Define, Develop, dan Deliver, yang diterapkan untuk memastikan desain sesuai dengan kebutuhan pengguna. Pengujian kegunaan dilakukan melalui platform Maze.co untuk mengukur efektivitas, efisiensi, dan pengalaman pengguna. Hasil pengujian menunjukkan sistem memiliki tingkat kegunaan yang sangat tinggi dengan skor kegunaan yang menunjukkan pengalaman pengguna yang sangat baik. Namun, ada aspek yang perlu ditingkatkan, yaitu navigasi, pengecilan kesalahan klik, dan optimasi tampilan UI. Sistem ini juga bisa dikembangkan lebih lanjut dengan penambahan fitur validasi kehadiran berdasarkan lokasi dan penyediaan koneksi ke sistem akademik sekolah.
Downloads
Article Details
Aliffigo Yogatura, M., Voutama Sistem Informasi, A., Singaperbangsa Karawang Jl Ronggo Wahluyo, U. H., & Telukjambe Timur, K. (2024). PERANCANGAN UI/UX UNTUK PLATFORM E-LEARNING KELAS FOTOGRAFI DAN VIDEOGRAFI BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FIGMA. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 8, Issue 3).
Auliya Rahman, F., & Rosa Indah, D. (2024). Perancangan Ulang Desain UI/UX Website Digilib Universitas Sriwijaya Menggunakan Metode Double Diamond. 14(1), 135–148.
Ayuningtyas, A., Rahmawati, E. F., & Sagirani, T. (2023). Penerapan Metode Double Diamond pada Desain User Interface Website. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 11(1), 11–22. https://doi.org/10.31504/komunika.v11i1.4991
Ayunitasari, F., Resmi, G., & Kaniawulan, I. (2024). PENERAPAN METODE DOUBLE DIAMOND DALAM PERANCANGAN UI/UX APLIKASI E-COMMERCE DAN BOOKING SERVICE BERBASIS MOBILE PADA SWARA COMPUTER. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 8, Issue 5).
Firjatullah, R. P., & Kusuma, W. A. (2024). PERANCANGAN USER EXPERIENCE PROTOTYPE E-FOODCOURT MENGGUNAKAN METODE DOUBLE DIAMOND UNTUK MENINGKATKAN LAYANAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNA. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 9(3), 1256–1264. https://doi.org/10.29100/jipi.v9i3.5332
Oktaviana, M., Nurlifa, A., Suryanto, A. A., & Amaludin, F. (2023). Perancangan UI/UX E-Tracer Study UNIROW dengan Menggunakan Metode Doubel Diamond. Jurnal Informatika Dan Teknologi, 6(1). https://doi.org/10.29408/jit.v6i1.7397
Wardiana, W., Disampaikan Pada Seminar, ), Pameran, D., Informasi, T., Pusat, P., Informatika -Lembaga, P., Pengetahuan, I., Komplek, I., Cisitu, L. J., & Bandung, S. (n.d.). Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia * ).
Widiyantoro, M. F., Heryana, N., Voutama, A., & Sulistiyowati, N. (n.d.). INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Perancangan UI / UX Aplikasi Toko Kue Dengan Metode Design Thinking. 7(1), 1–10.
Yuningsih, Y., & Sari, P. (2022). Aplikasi Absensi Berbasis UI/UX. In Syntax: Jurnal Informatika (Vol. 11, Issue 02).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.