Peran Transformasi Digital dalam Keberlangsungan UMKM Tanaman Hias di FKPBT Kota Bandung
Main Article Content
Abstract
Perubahan merupakan hal umum yang akan selalu terjadi pada kehidupan manusia, salah satu yang akan selalu adanya perubahan yaitu digital yang mana semakin berkembangnya zaman, maka kebutuhan manusia semakin harinya akan semakin meningkat, oleh karena itu digital akan selalu bertransformasi untuk mengikuti gaya hidup manusia demi melengkapi dan menjadi solusi dari kebutuhan manusia. Peran dari transformasi digital untuk UMKM tentunya dapat menjadi alternatif dalam melakukan kegiatan bisnis agar bisnis dapat berjalan secara efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan dari transformasi digital untuk keberlangsungan usaha para pedagang tanaman hias, Metode yang dipakai dalam pengumpulan data yaitu berfokus kepada Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran dari transformasi digital itu membawa cara yang baru dalam melakukan kegiatan manusia menyesuaikan dengan kebutuhan manusia sehingga dapat dipakai dan membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien.
Downloads
Article Details
Tannady, Hendy. 2024. Peran Digitalisasi Untuk Meningkatkan Performa Bisnis : Sesi Pemaparan Bagi Anggota Asosiasi Riset Ilmu Manajemen Kewirausahaan Dan Bisnis. ( Vol V Nomor 5 – ISSN 27214990 )
Abdussamad, Z. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif.
Ani, L. (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Kreativitas Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Kerajinan).
Danuri, M. (2019). Perkembangan Dan Transformasi Teknologi Digital. Jurnal Ilmiah Infokam.
Dwiastanti, A., & Mustapa, G. (2020). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Lingkungan Eksternal Dan Strategi Bertahan UMKM Dalam Menjaga Keberlangsungan Usaha Di Musim Pandemi Covid 19.
Erinawati, F., & Syafarudin, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi Terhadap Keputusan. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah.
Erwin, E., Pasaribu, A., Novel, N., Thaha, A., & ... (2023). Transformasi Digital.
Fauzi, M., & Mandala, K. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan.
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif.
Istiqomah, N. (2023). Transformasi Digital. Penerbit Tahta Media.
Maharani, H., & Jaeni, J. (2021). Determinan Kebijakan Pemerintah Sebuah Solusi Keberlangsungan Usaha UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19. Akses: Jurnal Ekonomi.
Moeins, I., Alhempi, R., SE, M., Mantong, S. J., & ... (2024). Manajemen Perubahan.
Pakpahan, A., Prasetio, A., Negara, E., Gurning, K., & ... (2021). Metodologi Penelitian Ilmiah.
Putri, E., Putri, A., Cahyono, Y., & ... (2024). Analisis Pengembalian Modal Pada Usaha Angkringan" Mang Udin" Di Kota" Cikarang".
Putri, T., & Pamikatsih, T. (2024). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberlangsungan Usaha UMKM Di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Manajemen.
Putriana, A. (2023). Analisis Strategi Bisnis Di Era Transformasi Digital. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi.
Rismansyah, S. (2024). Manajemen Perubahan.
Riyanti, B., & Aini, N. (2022). Strategi Keberlangsungan Usaha UMKM Kampung Singkong Pada Masa Pandemi Covid-19.
Rukin, S. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif.
Sari, B., Rimbano, D., Marselino, B., & ... (2022). Determinasi Literasi Keuangan Dan Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja Dan Keberlangsungan Usaha UMKM.
Siswanto, B. (2021). Pengantar Manajemen.
Wahyudi, A., Assyamiri, M., & ... (2023). Dampak Transformasi Era Digital Terhadap Manajemen Sumber Daya Manusia.
Widnyani, N., Astitiani, N., & ... (2021). Penerapan Transformasi Digital Pada UKM Selama Pandemi Covid-19 Di Kota Denpasar.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.