Rancang Bangun UI/UX Desain Web Ecommerce Di Figma
Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah mendorong transformasi digital dalam berbagai sektor, termasuk e-commerce. Keberhasilan platform e-commerce tidak hanya bergantung pada produk yang ditawarkan, tetapi juga pada desain antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengevaluasi desain UI/UX website e-commerce menggunakan metode User-Centered Design (UCD) dengan Figma sebagai alat utama. Metode UCD diterapkan melalui beberapa tahapan, yaitu memahami konteks penggunaan, mengidentifikasi kebutuhan pengguna, merancang solusi desain, serta melakukan evaluasi terhadap desain yang dihasilkan. Studi ini mengidentifikasi dua jenis pengguna utama, yaitu pemilik toko dan pembeli, dengan kebutuhan yang berbeda namun saling berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain berbasis UCD mampu meningkatkan kepuasan pengguna dengan memastikan navigasi yang lebih sederhana, tampilan UI yang lebih modern, serta fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Penggunaan Figma sebagai alat desain memungkinkan kolaborasi yang lebih efisien dalam pengembangan wireframe dan prototipe interaktif. Evaluasi usability menunjukkan bahwa desain yang dihasilkan mampu meningkatkan efisiensi transaksi dan kenyamanan pengguna dalam berbelanja online. Dengan demikian, pendekatan berbasis UCD dalam desain UI/UX e-commerce dapat meningkatkan pengalaman pengguna secara signifikan dan mendorong loyalitas pelanggan terhadap platform tersebut.
Downloads
Article Details
Alja, F. M., Daniati, E., & Ristyawan, A. (2024). Perancangan Ui/Ux E-Commerce Menggunakan Metode User Centered Design (Ucd). Journal of Information System Management (JOISM), 6(1), 93–101. https://doi.org/10.24076/joism.2024v6i1.1669
AryaRafa, D., Dyar Wahyuni, E., & Anjani Arifiyanti, A. (2024). Rancang Bangun Aplikasi Donor Darah Darurat Donora Berbasis Android Dengan Konsep Gamifikasi Menggunakan Kotlin. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(3), 3009–3020. https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3.5025
Haidar Luthfi, A., & Arfiani, I. (2024). Perancangan UI/UX Aplikasi Sampahocity Menggunakan Pendekatan UCD (User Centered Design). Jurnal Ilmu Komputer Dan Sistem Informasi (JIKOMSI), 7(1), 24–36. https://doi.org/10.55338/jikomsi.v7i1.2175
Hita Hita, Djoni Djoni, Culita Culita, & Roni Yunis. (2024). Pemanfaatan Figma dalam Perancangan User Interface E-Commerce. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 104–111. https://doi.org/10.55606/nusantara.v4i3.3047
Irawan, P. lucky tirma, & Rozando, D. (2020). Rancang Bangun Sistem E-commerce Clothing Store dan Modul Custom Design Lab Terintegrasi. Smatika Jurnal, 10(01), 1–9. https://doi.org/10.32664/smatika.v10i02.397
Maulana, R. T. (2020). Perancangan User Interface User Experience Dengan Metode User Centered Design Pada Aplikasi Mobile Auctentik. Informatics Engineering, 60. https://dspace.uii.ac.id/123456789/28891
Musyaffa, A. I., Mulki Indana Zulfa, & Muhammad Syaiful Alim. (2024). Rancang Bangun Purecompute Platform E-Commerce Untuk Belanja Laptop Berbasis Website. Jurnal SINTA: Sistem Informasi Dan Teknologi Komputasi, 1(1), 21–29. https://doi.org/10.61124/sinta.v1i1.9
Pamangkit, A. G., & Prasetyo, N. A. (2022). Rancang Bangun UI/UX pada Website Label Rekaman Indie Nahitudia Records Menggunakan Metode User Centered Design. LEDGER : Journal Informatic and Information Technology, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.20895/ledger.v1i1.777
Samudra, Y. (2024). Penerapan Design System Dengan Figma Pada Proses UX Design Dalam Pengembangan Aplikasi Krealogi. Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(4), 728–745. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/4420
Santoso, M. F. (2022). Implementasi Konsep dan Teknik UI/UX Dalam Rancang Bangun Layout Web dengan Figma. Jurnal Infortech, 4(2), 156–163. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech156
Zaelani, N., Suarna, N., & Prihartono, W. (2024). Desain User Interface Website Pemesanan Online Produk Makanan Kripdunk Dengan Metode User Centered Design. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(6), 3414–3426. https://doi.org/10.36040/jati.v7i6.8203

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.