Main Article Content

Hapid Durohman
Agus Alamsyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi kinerja, tingkat kompetensi guru, dan dampak evaluasi terhadap pengembangan kompetensi guru PAUD di KB Bustanul Athfal. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Evaluasi kinerja berfokus pada perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, penilaian hasil belajar, dan pengembangan profesionalisme, sedangkan kompetensi guru meliputi aspek pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi kinerja sudah berjalan namun belum maksimal. Guru memiliki kompetensi sosial dan kepribadian yang baik, namun kompetensi pedagogik dan profesional masih rendah, khususnya pada kreativitas dalam perencanaan pembelajaran dan penggunaan teknologi. Dampak evaluasi kinerja meliputi peningkatan keterampilan mengajar, profesionalisme, pemanfaatan teknologi, refleksi diri, dan komunikasi dengan orang tua.


Penelitian ini menyimpulkan bahwa evaluasi kinerja berdampak positif terhadap peningkatan kompetensi guru, namun diperlukan tindak lanjut berupa pelatihan, mentoring, forum komunikasi dengan orang tua, dan penyediaan media pembelajaran untuk mendukung pengembangan kompetensi secara berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Dewi, A., & Fitria, I. (2023). Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di MAN 1 Kabupaten Bandung. Prosiding FRIMA, Universitas Teknologi Digital. Diakses dari https://prosidingfrima.digitechuniversity.ac.id/index.php/prosidingfrima/article/view/473.
Hasibuan, M. S. P. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini
Kamaludin, M., & Fauziya, F. (2024). Analisis Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran: Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi di SMP Negeri 2 Cipeundeuy Kabupaten Bandung Barat. Prosiding FRIMA, Universitas Teknologi Digital. Diakses dari https://prosidingfrima.digitechuniversity.ac.id/index.php/prosidingfrima/article/view/473
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lexy J. Moleong, 2019, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Lisna, & Hutomo, M. (2024). Analisis Proses Tahap Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada PAUD Al-Amanah. Prosiding FRIMA. Universitas Teknologi Digital. Diakses dari https://prosidingfrima.digitechuniversity.ac.id/
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2022). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.
Nurhalimah, D., & Murdani, D. (2024). Strategi pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan kompetensi staf: Studi kasus pada Klinik Hewan Myttens Petcare. Jurnal Publikasi Ekonomi dan Akuntansi (JUPEA), 5(2), 45–60. https://doi.org/10.55606/jupea.v5i2.3886
Mangkunegara, A. P. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyasa, E. (2021). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rabbani, A., & Alamsyah, A. (2024). Evaluasi Kinerja Dosen terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran Menggunakan Metode Fuzzy Multi Criteria Decision Making. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi (JEMSI), 10(3), 1512–1518. Universitas Teknologi Digital, Bandung. Diakses dari https://journal.lembagakita.org/index.php/jemsi/article/view/2410
Suharsimi, 2020, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Sukardi, 2022. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Suyanto & Djihad, A. (2019). Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Suyanto & Jihad, Asep. (2019). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Erlangga