Main Article Content

Doni Pranata Ginting
Sonja Andarini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merumuskan strategi pemasaran yang tepat pada Kopi Zest Sidikalang dengan analisis SWOT. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan teknik pengambilan data wawancara mendalam (in depth interview) pada pemilik, karyawan dan konsumen yang berkaitan dengan strategi pemasaran berdasarkan indikator bauran pemasaran 4P (product, price, place, promotion). Dari hasil analisis diagram SWOT, Kopi Zest Sidikalang saat ini menempati titik kuadran I, dimana strategi pemasaran mendukung strategi yang agresif pada berbagai peluang dan kekuatan yang dimiliki. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini yaitu mendukung pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy). Strategi SO (Kuadran I) yang bisa diterapkan oleh Kopi Zest Sidikalang yaitu: mempertahankan kualitas dan kekhasan produk, meningkatkan kerjasama kemitraan dengan Pemerintah, dan memperluas jaringan pemasaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Abdurrahman, Nana Herdiana. 2015. Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV Pustaka Setia.
Kotler dan Gary Amstrong. (2016). Dasar-dasar Pemasaran.Jilid 1, Edisi Kesembilan. Jakarta: Erlangga.
Rangkuti, Freddy. 2017. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, cetakan ke-25. Bandung: Alfabeta cv.
Tjiptono Fandy, 2009. Strategi Pemasaran, Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset
Wijayanti. 2014. Marketing Plan! Dalam Bisnis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sunarsi, D. (2020). Implikasi Digitalisasi Umkm. Digitalisasi UMKM, 57.
Wijoyo, H. (2018). Analisis Pengakuan Pendapatan dan Beban Kontrak Konstruksi Pada PT. Wahana Tata Riau. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 9(2), 2034-2043.
Wijoyo, H. (2021). Seminar manajemen sumber daya manusia. Insan Cendekia Mandiri.
Lamirin, L., Wijoyo, H., & Sutawan, K. (2021). ANALISIS PEMASARAN DIGITAL DAN PERKEMBANGAN MENTAL DI PROVINSI RIAU. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(3), 227-231.