Main Article Content

Prima Rachmadan Suherlan
Rusdi Hidayat

Abstract

Gopay merupakan uang elektronik yang dikeluarkan PT Dompet Anak Bangsa (DAB) dan terdaftar serta dipantau oleh Bank Indonesia. Gopay mempunyai fungsi yang sama dengan uang tunai serta bisa dipakai sebagai uang tunai instrumen pembayaran yang sah, memiliki nilai yang sama dengan nilai tunai yang disetor saat pertama kali pada akun Gopay. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan analisis faktor eksploratori. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non-probability sampling. Didapat bahwa nilai KMO dan Measure of Sampling Adequency (MSA) telah memenuhi syarat. Berdasarkan analisis faktor dengan menggunakan rotasi (varimax) diperoleh empat faktor pembentuk yang baru.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Ramadhani, Ayu Rizki. 2020. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen pada Go-Pay di Kota Medan. Universitas Sumatera Utara
Aditya, W., & Aghnia G, H. 2016. Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Preferensi Konsumen GO-JEK di Kota Jakarta. E-proceeding of Management. Vol.3, No.2
Alma Buchari, 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta Asra, Asra Abuzar. 2017. Analisis multivariabel; suatu pengantar. Bogor: In media
Indrawati. 2017. Perilaku konsumen Individu. Bandung: PT Refika Aditama
Manap, abdul. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media
Manullag dan Esterlina. Hutabarat. 2016. Manajemen Pemasaran dalam Kompetisi Global. Yogyakarta: Indomedia Pustaka
Daud, A., Farida, N., Andriyansah, & Razak, M. (2018). Impact of customer trust toward loyalty: The mediating role of perceived usefulness and satisfaction. Journal of Business and Retail Management Research, 13(2). https://doi.org/10.24052/jbrmr/v13is02/art-21
Karnouskos, S., & Fokus, F. (2004). Mobile Payment: A Journey through Existing Procedures and Standardization Initiatives. IEEE Communications Surveys & Tutorials, Fourth Qua.
Legris, P., Ingham, J., & Collerette, P. (2003). Why do people use information technology? A critical review of the technology acceptance model. Information and Management, 40(3). https://doi.org/10.1016/S0378-7206(01)00143-4
Permana, G. P. L., & Dewi, N. L. P. P. (2020). ANALISIS FAKTOR PENGGUNAAN LAYANAN GO-PAY OLEH GENERASI MILLENIAL DI KOTA DENPASAR. Widya Akuntansi Dan Keuangan. https://doi.org/10.32795/widyaakuntansi.v2i1.539
Priyono, A. (2017). Analisis pengaruh trust dan risk dalam penerimaan teknologi dompet elektronik Go-Pay. Jurnal Siasat Bisnis, 21(1). https://doi.org/10.20885/jsb.vol21.iss1.art6
Wijoyo, H., & Sunarsi, D. (2020). Manajemen internasional. CV. Insan Cendekia Mandiri.
Wijoyo, H. (2021). Seminar manajemen sumber daya manusia. Insan Cendekia Mandiri.