Main Article Content

Muhammad Adindo Setyobudi
Siti Ning Farida

Abstract

Saat ini banyak marketplace di Indonesia yang sedang mengalami perkembangan yang cukup signifikan di Indonesia yang salah satunya yaitu Tokopedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari citra merek dan daya tarik promosi baik secara parsial maupun simultan terhadap minat beli konsumen pada marketplace Tokopedia di Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang diambil adalah masyarakat di Surabaya yang menggunakan marketplace Tokopedia berjumlah 100 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh. Untuk membuktikan hipotesis yang diajukan, digunakan teknik analisis Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda dan Uji F, Uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa citra merek dan daya tarik promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada marketplace Tokopedia. Untuk secara parsial citra merek berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada marketplace Tokopedia. Sedangkan untuk daya tarik promosi berpengaruh secara tidak signifikan dan positif terhadap minat beli konsumen pada marketplace Tokopedia.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Adi, Ignatius Venta Wijaya. 2015. Pengaruh Suasana Toko (Store Atmophere) dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Distro Koffin Store di Yogyakarta). Yogyakarta: Universitas Sana Dharma Yogyakarta.
Aptaguna, Angga. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-jek. Banten: Journal of Pembangunan Jaya University. 3: 49-56.
Jayani, Dwi Hadya. 2020. Pengunjung Bulanan Situs Marketplace (Kuartal III 2020).https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/20/shopee-mark etplace-dengan-pengunjung-situs-tertinggi-kuartal-iii-2020 (diakses pada 6 Januari 2021).
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2014. Principle of Marketing, 15¬th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin. 2012. Marketing Management. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin. 2014. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Phillip dan Keller, Kevin. 2016. Marketing Management 15 edition. New Jersey: Pearson.
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran Edisi-4. Yogyakarta: Andi.
Wijoyo, H., & Sunarsi, D. (2020). Manajemen internasional. CV. Insan Cendekia Mandiri.
Wijoyo, H. (2011). Analisis Pembentukan Portofolio Antara Valuta Asing dan Saham. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 2(2), 9292-9297.
Wijoyo, H. (2021). Seminar manajemen sumber daya manusia. Insan Cendekia Mandiri.
Wibowo, A., Hermanto, D. M. C., Lestari, K. I., & Wijoyo, H. (2021). Deteksi Kematangan Buah Jambu Kristal Berdasarkan Fitur Warna Menggunakan Metode Transformasi Ruang Warna Hsv (Hue Saturation Value) Dan K-Nearest Neighbor. INCODING: Journal of Informatics and Computer Science Engineering, 1(2), 76-88.