Main Article Content

Tito Utomo
Lia Nirawati

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga variabel dependen yakni penentuan harga, sales promotion, dan brand image serta memiliki satu variabel independen yakni minat beli. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penentuan harga, sales promotion, dan brand image terhadap minat beli konsumen pada hypermart di Gresik. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan menggunakan teknik sampling incidental yaitu penentuan sampel berdasarkan ketidaksengajaan atau kebetulan yang berjumlah 102 orang. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda membuktikan bahwa penentuan harga dan brand image memiliki pengaruh secara parsial terhadap minat beli konsumen pada hypermart di Gresik, sedangkan sales promotion tidak memiliki pengaruh seara parsial terhadap minat beli konsumen pada hypermart di Gresik. Secara simultan ketiga variabel yakni penentian harga, sales promotion, dan brand image terbukti berpegaruh signifikan terhadap minat beli konsumen pada hypermart di Gresik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Aaker, D. A., & Biel, A. L. (2013). Brand equity & advertising: advertising’s role in building strong brands. Psychology Press.
Ambarwati, M. (2015). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli (Survei Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Yang Menggunakan Pasta Gigi Pepsodent). Jurnal Administrasi Bisnis, 25(1).
Arisanti, D. I., & Busyra, N. (2016). Pengaruh Suasana Toko terhadap Citra Toko di Hypermart Pondok Gede. Jurnal Utilitas, 2(1), 39–45.
Fauziah, A. R. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Merek Samsung Di Counter Sep (Samsung Excellent Partner) Hacom Itc Surabaya. Stie Mahardhika.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete IBM SPSS 23, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS, 23.
Guntur, E. M. (2010). Transformasi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Sagung Seto.
Kolopita, D. A., & Soegoto, A. S. (2015). Analisis atribut produk dan harga terhadap minat beli mobil Suzuki Ertiga di kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2).
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Philip & Armstrong, Gary. Principles Of Marketing. Pearson.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2013). Principles of Marketing (16th Global Edition). Harlow: Pearson.
Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J. Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 152–159.
Lee, N. R., & Kotler, P. (2015). Social marketing: Changing behaviors for good. Sage Publications.
Leksono, R. B., & Herwin, H. (2017). pengaruh harga dan promosi Grab terhadap Brand Imageyang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pengguna transportasi berbasis online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(3), 381–390.
Lupiyoadi, R., & Ikhsan, R. B. (2015). Praktikum metode riset bisnis. Jakarta: Salemba Empat, 306.
Nugroho, R. W., Insani, S. F., & Cahyaningrum, B. N. (2020). Pengaruh Asosiasi Merek, Loyalitas Merek, Kesadaran Merek dan Citra Merek terhadap Ekuitas Merek Nike Di Media Sosial Pada Kalangan Konsumen Muda. Journal Of Business, Finance, And Economics (Jbfe), 1(1).
Pardjono, P., Sugiyono, S., & Budiyono, A. (2015). Developing a model of competency and expertise certification tests for vocational high school students. REiD (Research and Evaluation in Education), 1(2), 129–145.
Pramono, R., & Ferdinand, A. T. (2012). Analisis Pengaruh Harga Kompetitif, Desain Produk, Dan Layanan Purna Jual Terhadap Minat Beli Konsumen Sepeda Motor Yamaha (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Semarang). Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Ramli, S. (2013). Bacaan Wajib Para Praktisi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Visimedia.
Riduwan, A., & Prasetyo, A. F. (2020). Analisis Profitabilitas Usaha Ternak Broiler Pada Skala Yang Berbeda Di Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu, 8(1), 1–6.
Setiawan, M. F. (2013). Analisa pengaruh food quality dan Brand Imageterhadap keputusan pembelian roti kecik toko roti Ganep’s di Kota Solo. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(1).
Setiyaningrum, A., & Udaya, J. (2015). Prinsip-prinsip pemasaran.
Sinambow, S., & Trang, I. (2015). Pengaruh harga, lokasi, promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian pada Toko Komputer Game Zone Mega Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3).
Sinurat, E. S. M., Lumanauw, B., & Roring, F. (2017). Pengaruh inovasi produk, harga, citra merek dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan mobil suzuki ertiga. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2).
Sugiyono, S., & Darnoto, S. (2017). Pengaruh Pelatihan Pencegahan Demam Berdarah Dengue (Dbd) Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Siswa Di Sdn Wirogunan I Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Kesehatan, 9(2), 84–91.
Sunyoto, D. (2015). Manajemen Bisnis Retail. Jakarta: PT. Buku Seru.
Zulganef, M. (2013). Metode Penelitian Sosial dan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wijoyo, H., & Sunarsi, D. (2020). Manajemen internasional. CV. Insan Cendekia Mandiri.
Wijoyo, H. (2011). Analisis Pembentukan Portofolio Antara Valuta Asing dan Saham. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 2(2), 9292-9297.
Wijoyo, H. (2021). Seminar manajemen sumber daya manusia. Insan Cendekia Mandiri.
Haudi, H., Rahadjengb, E. R., Santamoko, R., Putrac, R. S., Purwoko, D., Nurjannahe, D., ... & Purwanto, A. (2021). The Role of E-Marketing and E-Crm on E-Loyalty of Indonesian Companies During Covid Pandemic and Digital Era. Uncertain Supply Chain Management, 10, 2022.