Main Article Content

Hendrian Yonata
Aldi Samara
Metta Susanti

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji pengaruh profitabilitas, leverage, likuiditas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia baik secara simultan maupun       parsial. Dalam penelitian ini untuk variabel Profitabilitas menggunakan indikator : rasio Return On Asset (ROA), dan Return On Equity (ROE), untuk variabel Leverage menggunakan indikator : rasio Debt to Asset Ratio (DAR), dan Debt to Equity Ratio (DER), untuk variabel Likuiditas menggunakan indikator : Rasio lancar (Current Ratio), dan Rasio cepat (Quick Ratio), untuk variabel Ukuran Perusahaan menggunakan indikator : Total Aktiva dan Total Penjualan, dan untuk variabel Nilai Perusahaan menggunakan indikator : Rasio Price Earning Ratio (PER) dan Tobin’s Q. Populasi dalam riset ini merupakan industri manufaktur sektor industri barang konsumsi sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2020 sebanyak 10 perusahaan dan sampel pada penelitian ini sebanyak 9 (sembilan) perusahaan. Pengujian hipotesis dalam riset ini dilakukan dengan program Smart PLS (Partial Least Square). PLS merupakan metode alternatif analisis dengan Structural Equation Modelling (SEM) yang berbasis variance. Pengujian Outer Model. Pengujian Outer Model dilakukan melaui Convergent validity, Discriminant Validity, Average Variance Extracted (AVE), Uji Reliabilitas. Pengujian Inner Model (Evaluasi Model Struktural). Pengujian inner model dilakukan melalui analisis R Square (R2), Multicollinearity, F-Square (F2), Q- Square (Q2) dan Analisa Besar Pengaruh. Berdasarkan hasil pengujian, R – Square memberikan nilai pengujian sebesar 0,616 untuk variabel Nilai Perusahaan yang dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel Profitabilitas, Leverage, Likuiditas dan Ukuran Perusahaan secara simultan mampu menjelaskan variabel Nilai Perusahaan sebesar 61,60%. Hal ini menunjukan bahwa tingkat Profitabilitas perusahaan, tingkat hutang perusahaan, kemampuan perusahaan dalam melunasi kewajibannya serta total asset dan penjualan mempengaruhi Nilai Perusahaan secara substansial. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor – faktor lain diluar dari penelitian ini. Berdasarkan hasil pengujian Q2 dapat dikatakan mempunyai nilai predictive relevance yang baik karena memiliki nilai yang lebih dari nol (0).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
BEI. (2019). Bursa Efek Indonesia. www.idx.co.id
Dwi Martani, D. (2012). Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Salemba Empat.
Fahmi, I. dan Y. I. H. (2014). Teori Portofolio dan Anuitas Investasi. Alfabeta.
Hermuningsih, S. (2012). Pengantar Pasar Modal Indonesia. UPP STIM YKPN.
Hery. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Grasindo.
Kasmir. (2017). Pengantar Manajemen Keuangan. (Edisi Ked(Jakarta : Prenada Media Group.).
Munawir, S. (2010). Analisis laporan Keuangan (Edisi keem). Liberty.
Naqsyabandi, S. N. (2015). ANALISIS PENILAIAN PERUSAHAAN PADA SEKTOR PERBANKAN YANG TERDIVERSIFIKASI (Studi Kasus Perusahaan Perbankan Go Publik 2013-2014). Jurnal Universitas Negeri Surabaya.
Rahmawati, Amalia Dewi., T. dan S. S. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Struktur Modal, dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Properti, Real Estate, dan Building Constraction yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2013). Jurnal Universitas Brawijaya, Vol. 23, N.
Sudana, I. M. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik. Erlangga.
Sudiarta, R. I. G. N. G. dan G. M. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. E- Jurnal Manajemen Unud, Volume 5,.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.
Wijoyo, H. (2011). Analisis Pembentukan Portofolio Antara Valuta Asing dan Saham. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 2(2), 9292-9297.
Wijoyo, H. DETERMINANT OF CUSTOMER VALUE AND ITS IMPLICATION ON CUSTOMER SATISFACTION PRIVATE HOSPITAL IN RIAU PROVINCE.
Wijoyo, H., Handoko, A. L., Santamoko, R., & Sunarsi, D. (2020). Strategy model for character education through digital media for courses and training participants. E-prosiding pascasarjana universitas negeri gorontalo, 1-8.
Wijoyo, H., & Marpaung, S. L. (2020). The Influence of Quality Information and Reputation Of TIX ID Application Toward the Interest of Purchase Tickets Online in XXI Cinema Ciputra Seraya Mall Pekanbaru City. Jurnal Suluh Pendidikan, 8(2), 9-21.
Wijoyo, H. (2020). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN DAN ABSENSI KARYAWAN MEGARA HOTEL PEKANBARU BERBASIS WEB. Ekonam: Jurnal Ekonomi, Akuntansi & Manajemen, 2(2), 56-76.
Wijoyo, H. (2020). Widiyanti. 2020.“. In Digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Era Pandemi COVID-19” dalam Prosiding Seminar Nasional Kahuripan I.