Prototype Gerbang Otomatis Berbasis Mikrokontroler ATMEGA 89S51 Menggunakan GPS Android

  • Devit Satria Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Lidya Wati Politeknik Negeri Bengkalis

Abstrak

Keamanan merupakan salah satu yang paling penting bagi setiap orang yang memiliki rumah di perkotaan. Salah satu cara yang biasa bagi pemilik rumah dalam membuat keamanan adalah dengan membangun gerbang atau pagar. Gerbang atau pagar digunakan untuk membuat suatu tanda batas luar dan dalam pekarangan rumah. Tentunya gerbang dapat ditingkatkan lagi kepraktisannya dengan menambahkan fasilitas kontrol gerbang secara otomatis. Sementara itu, perangkat elektronik seperti smartphone saat ini sudah dilengkapi fitur GPS, sehingga dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal contoh nya adalah otomatisasi gerbang atau pagar rumah.


Pada skripsi ini, peneliti mencoba menganalisis pokok-pokok permasalahan yang ada dan mencoba memberikan panduan kepada pemilik rumah untuk dapat menambahkan  kepraktisan pada gerbang atau pagarnya dengan memanfaatkan fitur GPS yang ada di smartphone Android nya.


Hasil dari penelitian ini adalah sebuat alat yang dapat membuka gerbang atau pagar agar dapat bekerja secara otomatis ketika saat menuju ke rumah. Selain itu, smartphone Android juga dapat digunakan untuk membuka dan menutup secara manual.

Diterbitkan
2019-05-15
Cara Mengutip
SATRIA, Devit; WATI, Lidya. Prototype Gerbang Otomatis Berbasis Mikrokontroler ATMEGA 89S51 Menggunakan GPS Android. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 2111-2125, mei 2019. ISSN 2598-9715. Tersedia pada: <https://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jikb/article/view/144>. Tanggal Akses: 13 des. 2019
Bagian
Articles