Penerapan Metode Single Exponential Smoothing Pada Peramalan Penerimaan Siswa Baru Studi Kasus SMK Wira Harapan
Main Article Content
Abstract
Peramalan adalah suatu kegiatan untuk memperkirakan atau memprediksi apa yang akan terjadi pada waktu akan datang dengan menggunakan data masalalu atau historis. Jumlah siswa yang diterima di SMK mengalami peningkatan, sehingga proses belajar mengajar siswa dilaksanakan pada pagi hari dan siang hari karena tidak diimbangi dengan fasilitas ruangan yang ada. Peramalan penerimaan siswa baru di SMK Wira Harapan menggunakan metode Single Exponential Smoothing menggunakan alpha =0,9. Berdasarkan hasil penelitian, metode Single Exponensial Smoothing mendapatkan tingkat akurasi yang tinggi dan membantu untuk melakukan peramalan penerimaan siswa baru di tahun ajaran baru untuk memberikan acuan untuk meningkatkan fasilitas ruangan yang ada.
Downloads
Article Details
Arridho, M. N., & Astuti, Y. (2020). Penerapan Metode Single Exponential Smoothing untuk Memprediksi Penjualan Katering pada Kedai Pojok Kedaung. Jurnal Ilmiah Intech : Information Technology Journal of UMUS, 2(02), 35–44. https://doi.org/10.46772/intech.v2i02.288
Kurniagara. (2017). Penerapan Metode Exponential Smoothing Dalam Memprediksi Jumlah Siswa Baru. Jurnal Pelita Informatika, 16(3), 214–220.
Tri Snadhika Jaya. (2018). Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung). Jurnal Informatika Pengembangan IT (JPIT), 3(2), 45–46. http://www.ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/informatika/article/view/647/640
Wijoyo, H. (2021). sistem informasi Manajemen. Insan Cendekia Mandiri.
Wijoyo, H. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di masa pandemi. Insan Cendekia Mandiri.
Wijoyo, H., Akbar, M. F., Safii, A. R., Prasada, D., Yusuf, A., Sudarsono, A., & Widiyant, W. (2021). The Effect of Tax Stimulus During the Covid-19 Pandemic in Improving the Performance of Taxpayers. Available at SSRN 3873695.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.