Main Article Content

Ratih Dwi Asworowati
Evita Vilianti

Abstract

Perkembangan teknologi memudahkan dan membantu kegitan manusia masa kini dalam berbagai bidang. Salah satu pemanfaatan kemajuan teknologi adalah adanya pembuatan KTP yang sudah berbasis Elektronik. Sistem informasi pelayanan administrasi pembuatan E-KTP pada Kecamatan Cikarang Selatan sudah terkomputerisasi namun belum sepenuhnya. Pendaftaran yang masih terkesan ribet dan kurangnya pemahaman penduduk memicu ketidakefektifan, tak jarang penduduk mengeluh kurangnya informasi mengenai E-KTP ini, karena kurangnya informasi, penduduk tanpa kejelasan datang untuk mengambil E-KTP namun ternyata belum tercetak hal ini tentunya akan membuang waktu. Dengan sistem terkomputerisasi sepenuhnya ini dapat membantu petugas pelayanan dalam mengelola data, serta memudahan penduduk dalam menerima informasi yang tepat. Memudahkan penduduk dalam melakukan pendaftaran online pembuatan E- KTP dan memberikan informasi secara online bagi penduduk jika E-KTP telah tercetak. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem ini adalah dengan menggunakan metode Waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah berupa Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Pembuatan E-KTP Berbasis Web pada Kecamatan Cikarang Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Abdullah. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi. Romney Dan Steinbart.
Eka Wida, F., & Tias, M. (2016). Rancang bangun Sistem Informasi permintaan ATK berbasis Internet (Studi kasus : Kejaksaan Negeri Rangkasbitung). Jurnal Khatulistiwa Informatika.
Fridayanthie, E. W., & Charter, J. (2016). Rancang Bangun Sistem INFORMASI SIMPAN PINJAM KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE OBJECTORIENTED PROGRAMMING. Jurnal Techno Nusa Mandiri, XIII(2), 63–71
Junianto, E., & Primaesha, dan Y. (2015). Perancangan Sistem Tracking Invoice Laboraturium Pada Pt Sucufindo ( Persero ) Bandung. Informatika.
Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan berbasis objek). Sdlc
Wijoyo, H. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di masa pandemi. Insan Cendekia Mandiri.
Wijoyo, H., Haudi, H., Sunarsi, D., Cahyono, Y., Wijayanti, K. D., & Nuryani, Y. & Akbar, MF (2021, May). Design of Information System Buddhist Identity Card in Riau Province Using Java Programming Language. In 2nd Annual Conference on Education and Social Science (ACCESS 2020) (pp. 465-469).