Main Article Content

Tondy Shabrina
Bosker Sinaga

Abstract

Proses pemilihan siswa penerima BSM dilakukan secara manual yang berdampak penentuan data BSM kurang efektif dan adanya kesamaan informasi dari berbagai siswa sehingga membuat pihak sekolah sulit menyaring siswa yang benar-benar layak yang mendapatkan BSM. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode MOORA untuk menentukan calon siswa penerima BSM tersebut. Penelitian ini memiliki 6 kriteria yaitu Pendapatan Orang Tua, Tanggungan Anak Sekolah, Pekerjaan Orang Tua, Nilai Raport, Status Orang Tua, serta Mempunyai Kartu Program Pemerintah. Perancangan sistem yang akan dibangun menggunakan PHP sedangkan MySQL sebagai databasenya. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan, bahwa sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode MOORA telah berhasil dibangun dan mampu melakukan proses seleksi penerima BSM sehingga dapat memberikan 50 siswa yang menjadi rekomendasi siswa penerima BSM.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Syahrizal, M., Hartami, M., Fajarika, S., Hardiyanti, S., & Suginam, S. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Karyawan Yang Mutasi Menggunakan Metode MOORA. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI).
Kusuma, A., Nasution, A., Safarti, R., Hondro, R. K., & Buulolo, E. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa / I Teladan Dengan Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization on The Basis of Ratio Analisis ( MOORA ). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa / I Teladan Dengan Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization on The Basis of Ratio Analisis ( MOORA ).
Manik, A. (2020). Penerapan MOORA dalam Pedukung Keputusan Kelayakan Penerimaan Bantuan Program Keluarga Harapan ( PKH ). Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON).
Burhanudin, M., Ferdinandus, F. X., & Bayu, M. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Penerima Bantuan Siswa Miskin Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw). CAHAYAtech, 8(2), 196-204.
Ramadiani, R.-, Rani, F. P., Khairina, D. M., & Hatta, H. R. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pramuka Pandega Berprestasi Menggunakan Metode Multi Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. https://doi.org/10.25126/jtiik.2019621284
Kemendikbud. (2015). Permendikbud Nomor 12 Tahun 2015 tentang Program Indonesia Pinta.
Saputra, A. Y., & Primadasa, Y. (2019). Penerapan Metode MOORA Dalam Pemilihan Sekolah Dasar. SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi.
Nofriansyah, Dicky dan Sarjon Defit, (2020). Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Deepublish.
Ramadiani, R.-, Rani, F. P., Khairina, D. M., & Hatta, H. R. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pramuka Pandega Berprestasi Menggunakan Metode Multi Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. https://doi.org/10.25126/jtiik.2019621284.
M. Marbun and B. Sinaga, Buku Ajar Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Hasil Belajar Dengan Metode Topsis. Sumatera Utara: CV.Rudang Mayang, 2017.
B. Sinaga, Sulindawaty, and I. Siagian, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Asuransi Dengan Metode Weighted Product Dan Weighted Sum Model Pada PT. Prudential,” J. Mantik Penusa, vol. 1, no. 2, pp. 59–64, 2017, [Online]. Available: http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/267/166.
Sinaga, Bosker., Yulia, Utami. 2018. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Dosen Pembimbing Skripsi Menggunakan Metode Profile Matching (Studi Kasus : STMIK Pelita Nusantara Medan). Jurnal Mantik Penusa, 2(2) 71-79
T. Limbong et al., Sistem Pendukung Keputusan: Metode & Implementasi. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.
Wijoyo, H. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di masa pandemi. Insan Cendekia Mandiri.
Wijoyo, H., Haudi, H., Sunarsi, D., Cahyono, Y., Wijayanti, K. D., & Nuryani, Y. & Akbar, MF (2021, May). Design of Information System Buddhist Identity Card in Riau Province Using Java Programming Language. In 2nd Annual Conference on Education and Social Science (ACCESS 2020) (pp. 465-469).